sign up SIGN UP

Asyik! Bantuan Subsidi Gaji Rp1 Juta Tidak Pakai Potongan Administrasi, Lho

Fina Prichilia | Beautynesia
Minggu, 26 Sep 2021 08:45 WIB
Asyik! Bantuan Subsidi Gaji Rp1 Juta Tidak Pakai Potongan Administrasi, Lho
caption
Jakarta -

Bantuan subsidi upah/gaji (BSU) Rp1 juta yang diberikan pemerintah, perlu kamu tahu akan diberikan secara utuh, alias tidak ada pemotongan sepeser pun.

"Jadi bantuan BSU sebesar 1 juta rupiah tersebut dapat ditarik atau dicairkan seluruhnya," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, melalui keterangan tertulis, Sabtu (25/9), via detikFinance.

Ya Beauties, penyaluran BSU ini diketahui sudah memasuki tahap 5 dan calon penerimanya ada sebanyak 7.747.630. Tapi, setelah lewat proses pemadanan data, BSU dilaporkan sudah disalurkan kepada 4.911.200 orang penerima.

"Kita prioritaskan penerima BSU ini tidak menerima program lain, sehingga ada pemerataan penyaluran berbagai bantuan pemerintah yang telah dikeluarkan oleh pemerintah," katanya.

Total dana yang telah dicairkan yakni sebesar Rp4,9 triliun. Kalau kamu merasa berhak mendapatkannya, maka semoga kamu pun terhitung yang menerima ya, Beauties.

Menaker Ida FauziahMenaker Ida Fauziah/ Foto: Kemnaker

Adapun program BSU ini dimaksudkan untuk membantu pekerja/buruh yang terdampak covid-19, terlebih di masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

Hanya Disalurkan ke Rekening Bank BUMN (Himbara)

Mengutip dari detikFinance, BSU tahun 2021 ini cuma disalurkan ke rekening BUMN (Himbara). Di antaranya ada BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. Lantas bagaimana yang tidak memilikinya?

Tenang Beauties, bila kamu memenuhi syarat dan lolos verifikasi tapi tidak punya rekening bank BUMN, maka akan dibukakan rekening baru secara kolektif.

Close-up of hand entering PIN/pass code for a money transfer, on a ATM/bank machine keypad outsideIlustrasi mengambil uang di ATM/ Foto: Getty Images/iStockphoto/PKpix/detikcom

Menaker Ida Sebut BSU Bisa Rampung Akhir Bulan Oktober

Kalau kamu salah satu yang lagi menanti-nantikannya, cobalah bersabar sampai bulan depan. Pasalnya Menteri Ida dalam kesempatan lain, mengaku sudah menyalurkan dana tersebut, juga tengah mengawasi, agar 'mendarat mulus' kepada penerima.

"Kami berharap kepada para Bank Himbara agar proses penyaluran BSU ini bisa rampung pada akhir bulan Oktober ini, maka dari itu untuk mempercepat penyalurannya Bank HIMBARA saat ini melakukan jemput bola terkait aktivasi pembukaan rekening," ujarnya dalam keterangan tertulis, via detikcom, Kamis (16/9).

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id