sign up SIGN UP

Banyak yang Tak Peduli, Masalah Kesehatan Mental Sebenarnya Dekat dengan Kehidupan Kita

Risma Oktaviani | Beautynesia
Rabu, 28 Jul 2021 13:30 WIB
Banyak yang Tak Peduli, Masalah Kesehatan Mental Sebenarnya Dekat dengan Kehidupan Kita
caption

Menjaga kesehatan mental di masa-masa seperti ini adalah hal yang sangat penting. Banyak orang memiliki masalah kesehatan mental dari waktu ke waktu. Apalagi di masa pandemi yang entah kapan berakhir ini, perubahan gaya hidup yang signifikan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan jiwa.  Dikutip dari laman Pinerest, penyakit mental mempengaruhi 19% dari populasi orang dewasa, 46% remaja dan 13% anak-anak setiap tahun. Beberapa di antaranya merasa bahwa kesehatan mentalnya terganggu, mulai dari anxiety, stress, hingga depresi yang menyebabkan bunuh diri.

Tentang Mental Illness

mental health issues
mental illness / freepik.com/jcomp

Dilansir dari laman American Psychiatric Association, mental illness atau penyakit mental adalah kondisi kesehatan yang melibatkan perubahan emosi, pemikiran dan atau perilaku. Penyakit mental berhubungan dengan distres dan/atau masalah yang berfungsi dalam aktivitas sosial, pekerjaan atau keluarga. Terdapat dua kondisi kesehatan mental yang paling umum, yaitu gangguan kecemasan seperti PTSD, OCD, serangan panik, dan fobia spesifik — juga gangguan mood seperti depresi dan depresi bipolar.

Stigma dan Diskriminasi

Diskriminasi karena masalah kesehatan mental
Diskriminasi karena masalah kesehatan mental / freepik.com/ jcomp

Seperti layaknya penyakit fisik, gangguan kesehatan mental dapat menyebabkan kondisi yang serius jika nggak diwaspadai dan ditangani dengan baik. Namun, masih banyak stigma terhadap pengidap gangguan kesehatan mental. Misalnya, di Indonesia, masih banyak stigma bahwa penyebab gangguan kesehatan jiwa adalah karena seorang penderita tersebut kurang iman, atau bahkan kerasukan roh jahat. Sehingga, alih–alih mendapat penanganan medis yang benar, korban dibawa ke ahli spiritual.

Beberapa orang percaya orang dengan masalah kesehatan mental berbahaya, padahal sebenarnya mereka berisiko lebih tinggi untuk diserang atau melukai diri sendiri daripada menyakiti orang lain. Selain itu, media sering menghubungkan kesehatan mental yang buruk dengan kekerasan, atau menggambarkan orang dengan masalah kesehatan mental sebagai orang yang berbahaya, kriminal, jahat, dan nggak dapat menjalani kehidupan yang normal.

Pentingnya Awareness Terhadap Mental Health

Mendapatkan perawatan yang tepat
Mendapatkan penanganan yang tepat / freepik.com/ freepik

Penyakit mental, menurut Organisasi Kesehatan Dunia dan Forum Ekonomi Dunia,  adalah beban ekonomi terbesar dunia saat ini. Hanya sekitar setengah dari mereka yang menderita penyakit mental di negara-negara industri menerima dukungan yang mereka butuhkan, sementara 90% orang di negara-negara berkembang pergi tanpa pengobatan. Untuk meningkatkan awareness, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mempunyai pemahaman bahwa orang yang memiliki gangguan mental juga merupakan seorang manusia yang berhak dan layak untuk mendapatkan perhatian, kasih sayang, dan penanganan yang sesuai. Sehingga, hal tersebut memberikan dukungan bagi mereka yang membutuhkan untuk mendapatkan perawatan yang tepat tanpa perlu merasa malu mendapatkan stigma dan diskriminasi dari masyarakat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id