sign up SIGN UP

Barang Menumpuk di Rumah Bisa Bikin Stres? Simak Faktanya di Sini!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Sabtu, 11 Dec 2021 23:00 WIB
Barang Menumpuk di Rumah Bisa Bikin Stres? Simak Faktanya di Sini!
Jakarta -

Rumah menjadi tempat utama untuk beristirahat setelah lelah seharian beraktivitas. Namun, pernahkah kamu merasakan stres saat berada di rumah? Ternyata kondisi rumah bisa menjadi salah satu faktor pemicu stres, lho!

Salah satu penyebabnya adalah karena banyaknya barang-barang yang tertumpuk di rumah. Melansir dari Mayo Clinic, lingkungan yang berantakan dapat membuat otak kurang efektif untuk memproses informasi dan rentan mengalami frustasi.

Melihat barang yang menumpuk dan berantakan di rumah bisa membuat kita jadi uring-uringan, kesal, hingga marah. Pemandangan rumah yang bersih dan rapi dapat membantu seseorang bersantai dan menghilangkan stres setelah melewati hari yang melelahkan. 

Lantas, bagaimana rumah berantakan bisa bikin stres dan berpengaruh buruk bagi kesehatan mental? Yuk, simak penjelasannya!

Rumah Berantakan Buruk Bagi Kesehatan Mental

Barang menumpuk dapat memicu stres
Ilustrasi rumah berantakan/Foto: Freepik.com

Kekacauan di rumah karena rumah yang berantakan terbukti memiliki pengaruh negatif terhadap kesehatan mental yang mengakibatkan stres, bahkan berujung depresi. Melansir dari Very Well Mind, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Personality and Social Psychology Bulletin menemukan bahwa perempuan dengan rumah yang berantakan memiliki kortisol yang lebih tinggi, yakni hormon stres.

Jika stres sudah menyerang, kamu perlu berhati-hati dengan dampak serius yang bisa ditimbulkan. Tidak hanya bisa membuat berat badan naik, parahnya stres juga bisa mempengaruhi kualitas tidur kamu menjadi buruk atau semakin memburuk, lho!

Atasi Rumah Berantakan dengan Decluttering

Declutter bisa menjadi solusi untuk mengeluarkan barang-barang yang tidak terpakai lagi
Ilustrasi merapikan rumah/Foto: Pexels.com/SVETSproduction

Jika saat ini kondisi rumah atau mungkin kamar tidur kamu berantakan, yuk mulai berbenah! Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan decluttering.

Decluttering adalah sebuah kegiatan memilah dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai dan tidak digunakan. Istilah decluttering mulai ramai diperbincangkan sejak buku dan konten beres-beres rumah dari Marie Kondo yang berjudul The Life Changing Of Tidying Up menjadi populer.

Melansir dari Mindbody Green, menurut ahli kebahagiaan Gretchen Rubin, keteraturan di lingkungan tempat tinggal dapat berkontribusi untuk ketenangan batin. Yuk, intip tips decluttering di halaman berikut, ya!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id