sign up SIGN UP

Cara Decluttering Koleksi Pakaian yang Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

Justina Nur | Rabu, 13 Oct 2021 14:00 WIB
Cara Decluttering Koleksi Pakaian yang Bermanfaat untuk Kesehatan Mental
caption

Baru-baru ini, tepatnya tanggal 10 Oktober diperingati Hari Kesehatan Mental Dunia. Peringatan ini bertujuan untuk memberikan kesadaran melawan stigma sosial. WHO juga menjelaskan bahwa tujuan dari Hari Kesehatan Mental Sedunia ini untuk meningkatkan kesadaran pentingnya memiliki jiwa yang sehat, yang diiringi dengan usaha untuk memperbaiki layanan kesehatan mental bersama-sama.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah stres dan menjaga kesehatan mental adalah dengan decluttering koleksi busana atau pakaian yang kamu miliki. Memiliki lemari dengan busana yang cukup dan tidak berlebihan, ternyata berdampak positif untuk kesehatan mentalmu.

Tak hanya itu, menata koleksi busana dengan rapi sesuai dengan warna dan peruntukannya juga bisa membuatmu tidak stres saat melihat lemari. Oleh karena itu, simak beberapa cara decluttering koleksi busana yang bisa meningkatkan kesehatan mentalmu.

1. Keluarkan Semua Isi dari Lemari Pakaian

Keluarkan Semua Isi dari Lemari Pakaian
Keluarkan Semua Isi dari Lemari Pakaian/Pexels.com/Liza Summer

Pertama, letakkan seluruh isi lemari pakaian di tempat tidur atau di lantai. Sortir semua hal yang berasal dari lemari pakaianmu. Pisahkan beberapa barang yang masih akan kamu pakai, dan pakaian yang pastinya tidak akan kamu pakai lagi.

2. Bersihkan Lemari Pakaian, Laci, dan Rak

Sebelum koleksi busana yang telah kamu sortir dimasukkan ke lemari, pastikan untuk membersihkan lemari, laci, dan raknya terlebih dahulu. Luangkan waktu sebentar untuk memikirkan bagaimana kamu mengaturnya. Kamu juga bisa mengelompokkan sesuai seberapa sering kamu mengenakan busana tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengelompokkannya sesuai warna.

3. Pilih dengan Cepat

Pilih dengan Cepat
Pilih dengan Cepat/Freepik.com/Freepik

Saat menyortir koleksi busana dari lemari, sebaiknya kamu lakukan secara cepat. Pakaian yang sudah tidak terpakai bertahun-tahun, tidak muat, atau tidak suka, segera singkirkan dari tumpukan pakaian yang akan kamu masukkan ke lemari. Jangan terlalu lama memikirkan hal ini. Lihatlah sekilas saja lalu keluarkan barang-barang yang jelas tidak ingin kamu simpan lagi.

4. Buat 3 Tumpukan Terpisah

Saat kamu menyortir, buatlah 3 kelompok tumpukan. Satu tumpukan untuk barang atau baju yang akan dibuang, satu tumpukan untuk disumbang, dan satu tumpukan lagi untuk didaur ulang.

5. Urutkan Pakaian dalam Kategori Berbeda

Urutkan Pakaian dalam Kategori Berbeda
Urutkan Pakaian dalam Kategori Berbeda/Freepik.com/Freepik

Untuk memudahkan sekaligus menghemat waktu saat mencari pakaian, kamu bisa mengurutkan dan mengelompokkan pakaian dalam kategori berbeda. Contohnya, kelompokkan kategori atasan, bawahan, pakaian dalam, dan sebagainya.

Nah itu tadi Beauties, cara decluttering koleksi busana di lemari dengan mudah yang tentunya akan bermanfaat untuk kesehatan mental sekaligus membuat kamar dan lemari jadi lebih rapi. Selamat mencoba!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id