sign up SIGN UP

Beauties Catat! Ini Keutamaan, Pahala, dan Tata Cara Puasa Syawal 6 Hari Usai Bulan Ramadan

Riswinanti Permatasari | Beautynesia
Senin, 02 May 2022 19:30 WIB
Beauties Catat! Ini Keutamaan, Pahala, dan Tata Cara Puasa Syawal 6 Hari Usai Bulan Ramadan
caption

Ramadan menjadi bulan yang selalu dirindukan oleh umat Islam. Perlu waktu satu tahun lagi untuk bertemu bulan suci yang penuh berkah dan pahala itu. Meski demikian, masih ada kesempatan bagi kita untuk meraih rida Allah dengan melaksanakan puasa Syawal selama 6 hari setelah Lebaran.

Puasa Syawal ternyata juga memiliki manfaat dan keutamaan yang luar biasa jika dijalankan dengan baik, lho, Beauties! Selain itu, dalam berbagai hadis, Allah SWT juga menjanjikan pahala yang berlipat untuk siapapun yang menunaikannya.

Kenapa umat Islam dianjurkan disunnahkan menjalani ibadah puasa Syawal? Berikut penjelasannya!

Tentang Puasa Syawal

Ilustrasi Puasa Syawal/Foto: Pexels.com/RODNAE Productions
Ilustrasi Puasa Syawal/Foto: Pexels.com/RODNAE Productions

Puasa Syawal merupakan salah satu keberkahan yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya setelah sebulan penuh menjalani puasa Ramadan. Waktu pelaksanaan ibadah ini dimulai pada tanggal 2 Syawal, atau tepatnya hari kedua Idulfitri. Syaratnya adalah menjalani puasa selama 6 hari berturut-turut selama bulan tersebut.

Di sisi lain, ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa puasa Syawal akan tetap sah walaupun dilakukan secara tidak berurutan. Hanya saja, puasa yang berurutan tetap lebih utama karena menunjukkan itikad baik manusia untuk berlomba dalam kebaikan.

Meski demikian, perlu diperhatikan bahwa qada (mengganti hutang puasa) sebaiknya lebih diutamakan ketimbang puasa Syawal. Jika masih ada hutang puasa, selesaikan dahulu kewajiban tersebut baru setelahnya meniatkan untuk menjalani puasa Syawal.

Tata Cara dan Niat Puasa Syawal

Ilustrasi Puasa Syawal/Foto: Pexels.com/Thirdman
Ilustrasi Puasa Syawal/Foto: Pexels.com/Thirdman

Puasa Syawal adalah ibadah yang sifatnya Sunnah (mustahab). Jika Ramadan adalah ibadah wajib yang harus diniatkan sejak malam sebelumnya, puasa Syawal bisa diniatkan pada pagi atau siang hari, selama yang bersangkutan belum makan, minum, atau melakukan hal apapun yang membatalkan puasa sejak waktu Subuh. Selain itu, disarankan juga membaca niat sebagai berikut:

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnatis Syawwâli lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Syawal hari ini karena Allah SWT.”

Keutamaan Puasa Syawal

Ilustrasi Puasa Syawal/Foto: Pexels.com/Abdulmeilk Aldawsari
Ilustrasi Puasa Syawal/Foto: Pexels.com/Abdulmeilk Aldawsari

Walaupun tidak dilaksanakan di bulan Ramadan, namun puasa Syawal juga membawa pahala yang berlipat, Beauties! Dalam berbagai hadis, disebutkan bahwa Allah SWT akan memberikan ganjaran berlipat layaknya berpuasa selama 12 bulan. Secara umum, berikut ini adalah beberapa keutamaan dan manfaat puasa Syawal:

  • Allah SWT menjanjikan ganjaran layaknya berpuasa setahun penuh.
  • Mendapat pahala berlipat.
  • Sebagai cara menyempurnakan ibadah dan melengkapi kekurangan ibadah wajib.
  • Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Menyehatkan tubuh karena mencegah pencernaan syok pasca Ramadan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

Pahala yang Dijanjikan

Ilustrasi Puasa Syawal/Foto: Pexels.com/Ahmed Aqtai
Ilustrasi Puasa Syawal/Foto: Pexels.com/Ahmed Aqtai

Puasa Syawal memiliki keistimewaan karena Allah SWT menjanjikan pahala layaknya berpuasa satu tahun penuh. Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh HR. Muslim:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim no. 1164).

Hal ini juga sesuai dengan hadist lain yang diriwayatkan oleh HR. Ibnu Majah:

"Seperti dinarasikan dari Thawban, seorang budak yang dibebaskan Rasulullah, Nabi SAW berkata, "Siapa saja yang puasa enam hari setelah Idul Fitri akan berpuasa selama satu tahun tersebut, dengan satu kebaikan dihargai 10 kebaikan serupa)." (HR. Ibnu Majah).

Itulah ulasan tentang keutamaan dan pahala Puasa Syawal 6 hari berturut-turut yang dirangkum dari detikEdu. Bagi yang masih belum bisa move on dari bulan Ramadan, ibadah di bulan Syawal ini bisa menjadi cara menjaga iman dan taqwa sekaligus meraih rida Allah SWT.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id