sign up SIGN UP

Bebas Repot! Kini Naik KA dan Pesawat Tak Perlu PeduliLindungi, Cek Syaratnya...

Tim Redaksi CNBC | Rabu, 29 Sep 2021 21:14 WIB
Bebas Repot! Kini Naik KA dan Pesawat Tak Perlu PeduliLindungi, Cek Syaratnya...
caption
Jakarta -

PeduliLindungi menjadi aplikasi yang disarankan Pemerintah untuk menjangkau penyebaran Covid-19 di berbagai tempat. Namun kini ada kabar bahagia terbaru datang!

Mulai Oktober 2021, masyarakat yang hendak bepergian menggunakan kereta api dan pesawat terbang bisa bebas repot tanpa perlu menggunakan aplikasi yang satu ini.

Hal ini disampaikan oleh Setiaji selaku Chief Digital Transformation Kementerian Kesehatan, jika mulai bulan depan akan ada sejumlah opsi terbaru untuk masyarakat yang ingin bepergian tanpa menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Syarat PerjalananSyarat Perjalanan Terbaru/ Foto: Freepik.com

Sejumlah opsi tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan beberapa aplikasi lain yang sudah dipakai sejak lama oleh masyarakat.

"Ini akan dilaunching di bulan Oktober ini," ujar Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Setiaji, Rabu (29/9).

Adapun opsi ini dilakukan karena berangkat dari kekhawatiran masyarakat yang mengalami kesulitan untuk mengunduh PeduliLindungi di smartphone mereka. Entah itu karena tidak memiliki smartphone atau tidak dapat mengunduh karena kapasitas ponsel mereka yang sudah tidak cukup.

Beberapa aplikasi tersebut mulai dari Gojek, Grab, Traveloka, Tokopedia, Tiket.com, Jaki, LinkAja, dan lainnya. Dengan adanya integrasi antar sesama aplikasi ini maka masyarakat tidak perlu lagi mengunduh PeduliLindungi.

Bagaimana dengan Syarat Perjalanan?

Syarat PerjalananSyarat Perjalanan Terbaru/ Foto: Freepik.com

Nah, walau tanpa aplikasi yang satu ini, bukan berarti kita bebas melakukan perjalanan tanpa hasil tes PCR atau antigen yang telah ditetapkan sebelumnya. Pelaku perjalanan tetap wajib melakukan hal ini.

Setiaji mengungkapkan jika status tes antigen, swab PCR, dan sertifikat vaksin nantinya dapat tetap teridentifikasi melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK) saat membeli tiket.

Untuk mengetahui teknis validasi pelaku perjalanan, baca selengkapnya di sini.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id