sign up SIGN UP

Begini Cara Mengatur Waktu yang Tepat Supaya Nggak Lagi Keteteran! Ada yang Biasa Kamu Lakukan?

Octavia Dewi | Beautynesia
Minggu, 19 Sep 2021 23:00 WIB
Begini Cara Mengatur Waktu yang Tepat Supaya Nggak Lagi Keteteran! Ada yang Biasa Kamu Lakukan?
caption

Buat kamu orang yang super sibuk pasti nggak jarang kan keteteran dalam melakukan pekerjaan. Hal tersebut tentunya membuat kamu panik dan nggak beraturan dalam mengerjakan banyak hal, berakhir dengan semuanya jadi nggak kondusif deh.

Nah Beauties, ini dia solusi yang dapat membantu kamu untuk mengatur waktu supaya nggak keteteran lagi. Simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Membuat List Keseharian atau To do List

Membuat list keseharian atau to do list
Membuat To do List/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Membuat list keseharian ternyata juga sangat penting lho buat kamu yang memiliki banyak kegiatan. Supaya keseharian kamu lebih teratur dan juga menghindari kegiatan menjadi bentrok satu sama lain. Saat kamu sudah selesai mengerjakan sesuatu, kamu dapat memberi tanda centang pada list kamu, jadi kamu juga terbantu untuk memilah antara yang sudah dan belum dikerjakan.

2. Jangan Membuang Waktu Sia-sia

Jangan habiskan waktu yang kamu punya untuk hal yang sia-sia. Apabila kamu memiliki waktu senggang dan pekerjaan yang belum selesai lebih baik selesaikan pekerjaan terlebih dahulu baru kamu berleha-leha.

Sebab time is money, jangan sia-sia kan waktu yang kamu punya hanya untuk bermalas-malasan. Sebab tidak jarang orang menghabiskan waktu mereka seharian dengan tidak melakukan apa-apa.

3. Jangan Suka Menunda Sesuatu

Jangan suka menunda sesuatu
Jangan Suka Menunda Sesuatu/Foto: Freepik.com/Drobotdean

Beauties, jangan suka menunda sesuatu seperti pekerjaan maupun kegiatan lain dan biasakan hidup disiplin. Lebih baik selesaikan apa pekerjaan yang kamu punya terlebih dahulu dan jangan berpikir kamu masih memiliki waktu lain.

Ubah pola pikir kalian “kalau bisa dikerjakan sekarang kenapa harus nanti?” agar kamu menjadi semangat untuk menyelesaikannya. Kalau pekerjaan sudah selesai bukankah akan lebih tenang?

4. Beri Jeda untuk Waktu Istirahat

Beri waktu untuk me time dan istirahat dari pekerjaan serta kesibukan kamu sehari-hari. Istirahatkan tubuh dan pikiran karena me time juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Seperti kamu bisa melakukan olahraga, menikmati secangkir kopi, meditasi, dan lain sebagainya tanpa diganggu orang lain. Sebab aktivitas yang padat dan dilakukan terus menerus dapat membuat kamu stres jika tanpa diselingi istirahat.

5. Atur Skala Prioritas

Atur skala prioritas
Atur Skala Prioritas/Foto: Freepik.com/Rawpixel.com

Tidak sedikit orang yang mengerjakan sesuatu tanpa mengatur skala prioritas. Sehingga tak jarang orang kehilangan fokus dan jadwal menjadi tidak teratur. Maka dari itu, urutkan segala pekerjaan dari yang paling penting sehingga kamu tidak keteteran dalam melakukan sesuatu.

6. Bangun di Pagi Hari

Orang yang sukses di dunia rata-rata akan bangun di pagi hari dan melakukan aktivitas produktif. Selain itu bangun di pagi hari juga membuat tubuh kamu terasa lebih segar dan berenergi. Hindari tidur malam jika tidak memiliki aktivitas yang penting karena tidur larut malam akan membuat kamu kesulitan bangun di pagi hari.

7. Gunakan Gadget Seperlunya

Gunakan gadget seperlunya
Gunakan Gadget Seperlunya/Foto: Freepik.com/Tirachardz

Gadget merupakan benda yang paling mengambil fokus seseorang dan seolah menjadi candu. Jika mendengar suara notifikasi langsung cepat membuka dan terkadang membuat seseorang lupa dengan waktu. Fokus menjadi terambil alih dan berujung bermain gadget seharian serta melupakan kegiatan lainnya. Maka dari itu, jauhkan handphone jika tidak memiliki hal yang penting.

Nah Beauties, itu dia beberapa tips untuk membantu kamu mengatur waktu supaya tidak keteteran dalam melakukan pekerjaan. Gunakan waktu sebaik mungkin dan manage waktu sesuai prioritas kamu ya, berusaha untuk disiplin dan produktif dalam menggunakan waktu yang kamu punya. Semoga membantu ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id