sign up SIGN UP

Beli Rumah Jadi atau Membangunnya dari Awal, Mana yang Cocok Buat Generasi Milenial?

Anindya Milagsita | Beautynesia
Kamis, 28 Oct 2021 06:45 WIB
Beli Rumah Jadi atau Membangunnya dari Awal, Mana yang Cocok Buat Generasi Milenial?
caption

Beauties, memiliki rumah impian bagi generasi milenial kini jadi salah satu harapan yang ingin diwujudkan. Ini karena sama seperti pakaian dan makanan, rumah menjadi kebutuhan primer yang ingin dimiliki oleh setiap orang. Tentunya ada berbagai pertimbangan yang harus dilakukan untuk mewujudkan punya rumah idaman

Mulai dari lokasi, bentuk bangunan, akses air dan juga listrik, hingga yang nggak kalah penting adalah harga. Sebagai calon pembeli terkadang kita dihadapkan pada pertimbangan harga untuk membeli rumah jadi atau membangun rumah dari awal. Nah, di antara kedua opsi itu manakah yang paling cocok untuk generasi milenial?

Buat membantu kamu memiliki gambaran, yuk cari tahu lewat artikel ini!

Membeli Rumah Sudah Jadi

Membeli rumah yang sudah jadi.
Pilihan beli atau bangun rumah impian bagi para milenial masa kini/freepik/vanitjan

Membeli rumah yang sudah ada bisa menjadi opsi pertama bagi para milenial, Beauties. Melansir dari detikFinance, konsultan properti bernama Ruby Herman mengungkap ada tiga cara yang bisa dipilih calon pembeli saat ingin membeli rumah. Ada cara cash alias lunas di awalcash bertahap, hingga secara Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Kelebihan Membeli Rumah Jadi

Kelebihan membeli rumah yang sudah jadi.
Pilihan beli atau bangun rumah impian bagi para milenial masa kini/freepik/freepik

Kalau kamu ingin membeli rumah yang sudah ada, ada dua keuntungan yang bisa didapatkan. Kelebihannya adalah bisa mendapat kenyamanan dan juga menghemat waktu hingga tenaga. Masih dilansir dari laman yang sama, Ruby Hermawan mengungkap calon pembeli rumah yang sudah ada cenderung diuntungkan saat membelinya lewat perbankan ataupun developer.

Saat lewat perbankan, kamu bisa memilih secara KPR, Beauties. Nantinya pihak perbankan yang akan menyeleksi rumah sesuai keinginan calon pembeli, mengurus legalitasnya, dan calon pembeli hanya tinggal membayar lewat proses KPR.

Begitupun saat kamu memilih beli dari developer, mereka akan membantu kamu memilih rumah sesuai keinginan hingga mengurus legalitas. Calon pembeli bisa membayarnya dan menghuni rumahnya.

Kekurangan Membeli Rumah Jadi

Kekurangan membeli rumah yang sudah jadi.
Pilihan beli atau bangun rumah impian bagi para milenial masa kini/freepik/rawpixel.com

Meskipun terdengar praktis, ternyata membeli rumah yang sudah jadi memiliki kekurangan tersendiri, Beauties. Salah satunya pada kondisi atau komponen ruang di dalam rumah yang terkadang ada yang nggak sesuai keinginan. Membeli rumah jadi juga tak jarang mengharuskan kamu merenovasi bagian-bagian rumah untuk mengubahkan sesuai keinginan kamu. 

Membangun Rumah Dari Awal

Membangun rumah dari awal.
Pilihan beli atau bangun rumah impian bagi para milenial masa kini/freepik/freepik

Opsi kedua untuk memiliki hunian idaman bisa kamu wujudkan dengan membangun rumah. Langkah ini nggak jarang harus dilakukan mulai dari awal membeli tanah hingga membangunnya secara bertahap, Beauties.

Melansir dari Investopedia, membangun rumah juga harus memperhatikan pemilihan arsitek atau pemborong, menentukan struktur hingga setiap bagian bangunan, hingga memilih bahan bangunan.

Kelebihan Membangun Rumah

Kelebihan membangun rumah dari awal.
Pilihan beli atau bangun rumah impian bagi para milenial masa kini/freepik/wayhomestudio

Membangun rumah sendiri dari awal ternyata mempunyai kelebihan tersendiri. Dilansir dari laman yang sama, dengan membangun rumah sejak awal kamu cenderung mendapatkan hunian sesuai keinginan. Mulai dari desain bangunan, bentuk ruang, hingga dekorasi yang bisa disesuaikan dengan kemauan.

Selain itu, dengan membangun rumah sendiri kamu cenderung bisa mengeluarkan anggaran keuangan yang disesuaikan dengan kemampuan. Membangun rumah pun juga dapat dilakukan secara bertahap. Rumah baru dibangun juga nggak memerlukan biaya perbaikan atau renovasi seperti saat kamu membeli rumah yang sudah jadi. 

Kekurangan Membangun Rumah

Kekurangan membangun rumah dari awal.
Pilihan beli atau bangun rumah impian bagi para milenial masa kini/freepik/jcomp

Di balik kelebihan membangun rumah yang baru, ternyata ada juga kekurangan yang akan kamu hadapi saat memilih opsi ini. Membangun rumah dari awal berarti kamu harus menyediakan waktu hingga tenaga ekstra, Beauties. Membangun rumah dari awal bisa menghabiskan waktu yang cukup lama, sehingga kurang cocok dipilih bagi calon pembeli yang tergesa ingin segera menghuninya.

Selain itu kamu juga harus mempelajari tentang legalitas, pemilihan bahan bangunan yang bagus, hingga mencari pemborong atau arsitek yang bisa dipercaya. Bahan bangunan yang cenderung semakin mahal dari hari ke hari juga menjadi salah satu kekurangan saat kamu memilih membangun rumah secara bertahap. 

Manakah yang Paling Baik?

Manakah yang paling baik untuk generasi milenial, membeli rumah jadi atau membangun rumah dari awal?
Pilihan beli atau bangun rumah impian bagi para milenial masa kini/freepik/freepik

Lantas di antara dua opsi di atas, manakah yang paling cocok dipilih generasi milenial? Keputusan untuk membeli rumah jadi ataupun membangunnya sejak awal ada di tangan masing-masing dari kamu, Beauties.

Kedua opsi untuk mendapatkan hunian idaman ini pun memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan. Nah, setelah menimbang sisi plus minusnya, sudahkah kamu menetapkan pilihan?

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id