sign up SIGN UP

Benarkah 'Squid Game' Menjiplak 'As The Gods Will'? Ini Fakta dan Perbedaannya

Hijria Khatimi | Beautynesia
Jumat, 01 Oct 2021 14:30 WIB
Benarkah 'Squid Game' Menjiplak 'As The Gods Will'? Ini Fakta dan Perbedaannya
caption
Jakarta -

Kesuksesan Squid Game membuatnya banyak dibanding-bandingkan dengan film bertema survival lainnya. Tak hanya itu, beberapa warganet bahkan mengatakan bahwa drama Korea satu ini diduga 'menjiplak' film Jepang berjudul As The Gods Will.

Hal ini karena keduanya sama-sama bertema survival, dan sama-sama menggunakan permainan anak-anak tradisional. Sang sutradara Hwang Dong Hyuk telah angkat bicara megenai pemberitaan tersebut.

Ia membantah tuduhan plagiarisme tersebut dan menjelaskan bahwa ide dan penulisan untuk naskah Squid Game sudah ia buat sejak lama, yaitu sekitar tahun 2008 hingga 2009.

Meski memang memiliki beberapa kemiripan, Squid Game dan As The Gods Will sebenarnya punya banyak perbedaan yang signifikan lho, Beauties. Yuk, simak apa saja perbedaan dari keduanya!

1. Alur Cerita yang Berbeda

As the gods will
As the gods will/Foto: IMDb.com

Squid Game berkisah tentang sekelompok orang yang diundang oleh sebuah organisasi misterius. Orang-orang tersebut kemudian diajak untuk bermain serangkaian permainan, serta disediakan hadiah sebesar 45,6 miliar Won bagi pemenangnya.

Sementara itu, alur yang berbeda akan kamu temukan pada film As The Gods Will. Film ini mengisahkan tentang sekolah yang seakan mengalami nasib sial. Sebuah boneka Daruma tiba-tiba muncul entah dari mana, dan membuat seluruh siswa ikut dalam permainan mematikan.

2. Latar Belakang Para Pesertanya

Peserta squid game
Peserta squid game/Foto: IMDb.com

Pada Squid Game, peserta yang ikut dalam permainan adalah mereka yang hidupnya terlilit utang. Kehidupan mereka terasa berat akibat hutang tersebut, sehingga dengan sukarela mengikuti permainan itu. Sedangkan dalam As The Gods Will, peserta permainannya adalah para siswa SMA yang terjebak dalam permainan yang disediakan.

3. Peraturan Permainan yang Berbeda

Squid game
Squid game/Foto: IMDb.com

Kedua cerita juga memiliki peraturan permainan yang berbeda. Para peserta di Squid Game dapat memilih untuk berhenti bermain dengan menggunakan voting. Pada As The Gods Will, siswa-siswa SMA tersebut tak punya pilihan untuk keluar dari permainan. Mereka akhirnya terpaksa terus bermain hingga akhir.

4. Jenis Permainan Sebagian Besar Tak Sama

Permainan kelereng squid game
Permainan kelereng squid game/Foto: Instagram/netflixid

Baik Squid Game dan As The Gods Will, memang memiliki permainan pertama yang serupa. Namun setelahnya, permainan yang ada pada kedua cerita ini sangat berbeda, Beauties.

Dalam serial buatan Netflix tersebut, permainannya adalah lampu merah lampu hijau, permainan gulali, tarik tambang, kelereng, jembatan kaca, dan permainan cumi-cumi. Sedangkan permainan As The Gods Will berupa boneka Daruma, kucing dan bel, burung yang terkurung, tendang kaleng, dan permainan keberuntungan.

Sangat berbeda, bukan?

5. Sumber Ide Cerita Squid Game dan As The Gods Will

As the gods will
As the gods will/Foto: IMDb.com

Perbedaan terakhir adalah mengenai sumber ide dari kedua cerita tersebut. Ide cerita untuk Squid Game berasal dari sang sutradara, yaitu Hwang Dong Hyuk. Ia terinspirasi dari cerita bertema survival di toko manhwa yang sering dikunjunginya, kemudian menyelesaikan naskah untuk Squid Game pada 2009.

Sedangkan ide cerita As The Gods Will bersumber dari manga dengan judul yang sama, karena film ini memang dibuat sebagai adaptasi atau live action. Manga tersebut rilis pada 2011, sedangkan adaptasi filmnya rilis pada 2014.

Itulah perbedaan Squid Game dengan As The Gods Will. Setelah membacanya, jadi terlihat kan, perbedaan signifikan di antara keduanya?

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 


Our Sister Site

mommyasia.id