STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Benarkah Tertawa Bisa Tingkatkan Kecerdasan Emosional? Ini Penjelasan Ahli

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Selasa, 22 Mar 2022 07:15 WIB
Benarkah Tertawa Bisa Tingkatkan Kecerdasan Emosional? Ini Penjelasan Ahli

Tertawa menjadi salah satu cara dalam meningkatkan suasana hati dengan meluapkan kegembiraan. Ketika tertawa, kamu dapat meredakan kecemasan dalam diri. Hal ini terjadi karena saat tertawa, tubuh akan melepaskan hormon endorfin.

Namun, tahukah kamu, Beauties? Ternyata tertawa bukan hanya sekadar untuk meningkatkan suasana hati, tetapi juga bisa untuk meningkatkan kecerdasan emosional. Kok bisa, ya? Penasaran? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Studi Humor dan Kecerdasan Emosional

Tertawa merupakan alat ampuh untuk meningkatkan kecerdasan emosional
Tertawa merupakan alat ampuh untuk meningkatkan kecerdasan emosional/Foto: freepik/wayhomestudio

Seorang psikologi yang mempelajari studi humor, Janet Gibson mengatakan bahwa tertawa merupakan alat yang ampuh dan menyenangkan untuk meningkatkan kecerdasan emosional, sebagaimana dikutip Inc dari postingan The Conversation.

Terdapat daftar panjang manfaat humor yang divalidasi secara ilmiah. Mulai dari melatih otot dan otak bayi hingga bertindak sebagai antidepresan non-farmakologis, serta sains yang menunjukkan apresiasi humor adalah tanda kecerdasan yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional.

Melatih Kecerdasan Emosional dengan Menambahkan Lebih Banyak Humor

Melatih kecerdasan emosional dengan menambahkan lebih banyak humor dalam hidup
Melatih kecerdasan emosional dengan menambahkan lebih banyak humor dalam hidup/Foto: freepik/javi_indy

Orang yang memiliki kecerdasan emosional lebih rendah akan berjuang lebih untuk meningkatkan sosial humor. Gibson pun memberikan saran untuk melatih kecerdasan emosional dengan menambahkan lebih banyak humor dalam hidup.

Gibson juga menjelaskan lebih lanjut bahwa dengan berlatih sedikit tertawa setiap hari, kamu dapat meningkatkan keterampilan sosial yang mungkin tidak kamu miliki secara alami.

"Ketika kamu tertawa sebagai respons terhadap humor, kamu akan berbagi perasaanmu dengan orang lain dan belajar dari risiko bahwa responsmu akan diterima, dibagikan, atau dinikmati oleh orang lain dan tidak ditolak, diabaikan, atau tidak disukai," lanjut Gibson.

Tertawa Menjadi Cara Proaktif Tingkatkan Kecerdasan Emosional

Tertawa menjadi cara untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan lingkungan kerja
Tertawa menjadi cara untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan lingkungan kerja/Foto: freepik/javi_indy

Seiring berjalannya waktu, tertawa menjadi cara proaktif untuk tingkatkan kecerdasan emosional.

"Semakin banyak terapis menganjurkan penggunaan humor dan tawa untuk membantu klien membangun kepercayaan dan meningkatkan lingkungan kerja; tinjauan dari lima studi berbeda menemukan bahwa ukuran kesejahteraan memang meningkat setelah intervensi tawa," lapor Gibson.

Tingkatkan Kecerdasan Emosional dengan Melatih Otot-otot Tawa

Menonton komedi adalah salah satu bentuk untuk melatih otot-otot tawamu
Menonton komedi adalah salah satu bentuk untuk melatih otot-otot tawamu/Foto: freepik/javi_indy

Melatih otot-otot tawa bukanlah hal yang sulit, kok, Beauties! Kamu bisa mulai mencari hiburan yang ada di sekitarmu. Misalnya, menonton acara komedi, atau mengobrol bersama teman dengan saling melempar gurauan.

Kamu juga bisa mencoba rekomendasi yang diberikan oleh Gibson. Ia merekomendasikan agar kamu berkumpul dengan orang-orang lucu, menonton komedi yang membuatmu tertawa, atau menuliskan tiga hal lucu yang terjadi hari ini.

Nah, gimana, Beauties? Terjawab sudah kalau ternyata tertawa bisa meningkatkan kecerdasan emosional. Yuk, mulai latih kecerdasan emosional dengan tertawa!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE