STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Berharap Masa Tua Bahagia? 4 Kebiasaan Buruk Mengatur Keuangan Ini Harus Dihindari Sejak Usia Muda

Cynthia Claudia | Beautynesia
Rabu, 20 Oct 2021 23:00 WIB
Berharap Masa Tua Bahagia? 4 Kebiasaan Buruk Mengatur Keuangan Ini Harus Dihindari Sejak Usia Muda

Kebiasaan mengatur keuangan dengan cermat masih kurang disadari oleh kebanyakan orang. Mengatur keuangan ini pada umumnya harus dimulai dengan menghindari kebiasaan buruk yang seringkali tidak disadari telah kita lakukan.

Apa saja kebiasaan buruk yang dimaksud? Simak 4 kebiasaan buruk yang harus kita hindari untuk mengelola uang dengan cerdas dan cermat:

1. Menunda Berinvestasi

Kebiasaan buruk soal uang
Kebiasaan buruk soal uang/ Foto: Pexels/ Lukas

Selagi Beauties masih muda, luangkan waktu untuk belajar investasi. Berinvestasi merupakan cara mengelola keuangan yang terpenting, karena membuahkan hasil dalam jangka waktu tertentu. 

Sisihkan pemasukanmu untuk berinvestasi. Bagi para pemula, mulailah investasi dengan instrumen yang risikonya kecil. Contohnya, menabung di deposito bank atau reksadana. Ada pilihan investasi dalam jangka pendek dan jangka panjang yang bunganya berbeda-beda. 

2. Terlalu Sering Berhutang

Kebiasaan buruk soal uang Foto
Kebiasaan buruk soal uang/ Foto: Pixabay

Penggunaan kartu kredit di jaman sekarang sudah menjadi cukup populer. Namun, hati-hati dalam mengatur keuangan menggunakan kartu kredit. 

Karena pada dasarnya kartu kredit mengharuskan kamu membayar cicilan beserta bunganya tiap bulan. Cicilan yang tidak segera dibayarkan ini akan berbunga lebih besar lagi, sehingga nantinya merupakan beban bagi pengguna kartu kredit. Lama-kelamaan ini menjadi hutang yang memperburuk kondisi keuanganmu, Beauties!

3. Tidak Menyisihkan Dana Darurat 

Kebiasaan buruk soal uang
Kebiasaan buruk soal uang/ Foto: Pexels/ Alexander Mills

Kebiasaan buruk soal uang selanjutnya adalah tidak menyisihkan dana darurat dari penghasilanmu. Kita mungkin merasa ini nggak perlu, namun ada baiknya kita mempersiapkan untuk kejadian di luar ekspektasi yang bisa terjadi, contohnya ketika sakit.

Kejadian di luar ekspektasi bisa saja di luar sakit, misalnya kebutuhan dana untuk hal darurat keluarga, kecelakaan, maupun tilang. Ketika kita tidak mempersiapkan dan tiba-tiba membutuhkan tapi kekurangan dana, kita terpaksa kerepotan mencari sumber dana dan mengharuskan untuk hutang. 

4.  Kebiasaan Menghabiskan Uang yang Buruk

Kebiasaan buruk soal uang
Kebiasaan buruk soal uang/ Foto: Pixabay

Kebiasaan menghabiskan uang untuk hal yang bukan menjadi kebutuhan juga harus dihindari, Beauties. Kamu bisa mulai dengan memisahkan pengeluaran antara kebutuhan dan keinginan untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut.

Cara mengelola keuangan yang tepat adalah mengalokasikan pemasukan lebih banyak untuk kebutuhan, dan cukup 5-10% untuk keinginan. Prioritaskan sisa pemasukanmu untuk investasi jangka panjang yang membuahkan hasil.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE