sign up SIGN UP

Biar Bisa YOLO Sekaligus Hidup Nyaman Saat Tua, Coba Terapkan Ini!

Fina Prichilia | Kamis, 18 Nov 2021 17:00 WIB
Biar Bisa YOLO Sekaligus Hidup Nyaman Saat Tua, Coba Terapkan Ini!
caption
Jakarta -

Mau YOLO (You Only Live Once) atau pilih bisa hidup nyaman di hari tua? Dua hal ini sering terbagi dan 'melahirkan' dua kubu seolah kita diminta untuk memilih salah satu.

YOLO kerap diartikan kamu bisa bersenang-senang, karena hidup cuma satu kali. Biasanya banyak yang mengartikan artinya kamu bisa 'menghabiskan' uang untuk dinikmati, biarlah besok jadi urusan besok..

Sementara mereka yang menaruh perhatian agar dapat hidup nyaman di hari tua, maka mereka tidak menghabiskan uangnya semua di masa muda. Tetapi kerap dikaitkan 'nggak lagi menikmati hidup'.

Sebenarnya kamu masih bisa YOLO dan punya tabungan di hari tua, kok! Caranya coba terapkan di bawah ini.

Memahami antara keinginan dan kebutuhan nggak akan membuat kamu membuang uang secara percuma untuk barang yang belum tentu digunakan.Ilustrasi YOLO/ /Foto: Freepik.com

Bedakan Pos Pengeluaran untuk YOLO dan Tabungan Hari Tua

Kamu bisa membedakan pos pengeluaran dari pemasukanmu untuk dua hal ini, Beauties. Sehingga kamu bisa mendapat manfaat dari keduanya. Karena itu, setelah kamu mendapat gaji, kelolalah dengan membaginya ke beberapa pos.

Dilansir dari laman CNBC, pengelolaan gaji bisa pakai strategi 50-30-20. Yaitu 50% gaji untuk penuhi kebutuhan yang nggak bisa ditunda. Seperti makanan sehari-hari, sewa kos atau rumah, bayar utang, listrik, dan air.

Kemudian 20% adalah untuk tabungan dan gaji, termasuk untuk dana darurat, tabungan buat pensiun, juga investasi. Mengutip detikFinance, untuk melipat gandakan penghasilan, memang perlu melakukan investasi.

Investasi dapat meningkatkan kesejahteraan finansial orang-orang, yang artinya berpotensi juga untuk kamu. 

Barulah 30% untuk keinginan, makan enak sesekali, kesenangan, juga nabung untuk traveling.

Pentingnya YOLO Sesuai Kemampuan

Liburan/Sumber: Pexels.comIlustrasi liburan sesuai budget. /Sumber: Pexels.com

Setelah membagi uangmu ke beberapa pos, mungkin kamu mendapati jumlah yang relatif kecil. Namun tergoda untuk menghabiskan seluruh gaji untuk keinginan semata juga tidak baik, karena hal tersebut bisa menjadikan anak cucu-mu sebagai generasi sandwich. Alias membebani mereka untuk membiayai hidupmu.

Menabung untuk hari pensiun sejak dini juga bukan lagi sebagai hal yang terlalu cepat kok, Beauties. Bahkan kalau kamu disiplin menabung dan berinvestasi, bukan tak mungkin kamu akan meraih merdeka finansial alias bisa memenuhi kebutuhan hidup tanpa bekerja, di usia sebelum pensiun!

Selamat mencoba dan mendisiplinkan diri, Beauties.

------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id