STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Biar Nggak Cuma Modal Ikut-ikutan, Ini lho Alasan yang Millennials Wajib Tahu Kenapa Investasi Saham Bisa Menguntungkan

Fina Prichilia | Beautynesia
Senin, 18 Jul 2022 15:15 WIB
Biar Nggak Cuma Modal Ikut-ikutan, Ini lho Alasan yang Millennials Wajib Tahu Kenapa Investasi Saham Bisa Menguntungkan

Kata 'investasi' tampaknya tidak lagi asing buat anak muda masa kini. Investasi disebut-sebut bisa memberi keuntungan lho, Beauties. Meski begitu yang perlu diingat, juga ada risiko dari kegiatan investasi yang mengintai.

Risiko itu sendiri bisa diminimalisir bila kamu tidak sekadar ikut-ikutan 'nyemplung' karena lagi trending semata. Alias, pelajarilah terlebih dulu jenis investasi yang menarik perhatian kamu sebelum menginvestasikan uang. Apalagi, jenis saham yang tersedia untuk dikoleksi calon investor banyak pilihannya.

Pahami Apa Itu Investasi Saham

Stock exchange market concept, businesswoman trader looking on smartphone with graphs analysis candle line on sofa in house, diagrams on screen.Ilustrasi investasi saham./ Foto: iStock

Investasi saham itu sendiri, bisa dalam jangka pendek juga panjang. Lantas apa sih maksudnya investasi saham?

Simpelnya, menurut Haryajid Ramelan dari Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal (LSPPM), seperti melakukan penyimpan deposito yang di-rollover. Bila terjadi dalam waktu tertentu, misalnya hingga tiga tahun akan ada hitungan uang bertambah berapa banyak. Demikian dikutip dari CNBC Indonesia. Kamu yang pernah atau terbiasa dengan tabungan deposito bank, mungkin jadi punya gambarannya, ya?

Menurutnya lagi, secara umum, investasi saham dalam jangka waktu lama akan memberi return yang lebih besar, Beauties. Nggak cuma itu, para investor pun juga bisa mendapat dividen atau keuntungan dari perusahaan yang bisa berbentuk tunai/uang cash yang langsung ditransfer ke rekening kamu, maupun berbentuk saham lagi yang akan ditambahkan ke portfolio kamu.

Sehingga investor pun dapat untung dari dua hal, yaitu saham yang mengalami capital gain --saat sahamnya mengalami kenaikan harga/nilai aset, dan dividen.

Bisa Buat Modal Hidup Saat Pensiun

Ilustrasi pensiunIlustrasi pensiun/ Foto: Getty Images/iStockphoto/syahrir maulana

Alasan kenapa banyak orang ingin menjadi PNS maupun karyawan BUMN, salah satunya karena adanya jaminan saat masa pensiun. Namun untuk mencapai itu, kamu yang bukan PNS atau pegawai BUMN juga bisa 'menciptakan' skema dapat uang sehingga bisa penuhi kebutuhan sehari-hari meski sudah nggak kerja lagi.

Mengutip USA Today, salah satunya dengan memanfaatkan dividen tunai dari saham yang rajin membagikannya tiap tahun. Untuk mencapai itu, kamu memang perlu merancang dan menganalisisnya sendiri dari sekarang, Beauties. Selain itu kamu bisa mulai 'menabung saham' dari sekarang yang dilakukan secara konsisten.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE