sign up SIGN UP

Biar Tidak Mengganggu, Belajar Lebih Beretika pada Hal-hal Kecil Ini yuk! Chat dulu Sebelum Telepon Salah Satunya

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Rabu, 08 Dec 2021 06:00 WIB
Biar Tidak Mengganggu, Belajar Lebih Beretika pada Hal-hal Kecil Ini yuk! Chat dulu Sebelum Telepon Salah Satunya
caption

Beauties, kita semua tahu bahwa etika sangat penting terutama ketika menjalin sosialisasi dengan orang banyak. Tentu kamu tidak ingin dicap sebagai orang yang tidak punya sopan santun bukan?

Maka dari itu kamu perlu menerapkan etika yang baik bahkan dalam hal yang kecil sekalipun. Contohnya, kamu perlu belajar lebih beretika menyangkut hal-hal sederhana berikut ini 

Jangan Post Foto Orang Lain Tanpa Ijin

Posting foto
Posting foto/ Foto: freepik.com/wayhomestudio

Punya circle pertemanan yang luas pasti membuatmu sering mendokumentasikan momen dengan berfoto-foto ria bukan? Tidak hanya sekadar menyimpannya, kamu pasti juga tidak sabar untuk segera mempostingnya di media sosial.

Namun sebelum memposting foto orang lain, ada baiknya kamu meminta persetujuan orang yang bersangkutan, Beauties. Kenapa? Sebab kamu bisa saja melanggar privasi atau membuat ia kurang nyaman atau malu, jika orang tersebut sebenarnya memang tidak berkenan fotonya di-posting.

Hal ini biasanya berlaku pada foto yang kebetulan diambil kurang aesthetic, foto memalukan misal lagi tidur, dan sebagainya.

Chat Dulu Sebelum Telepon

Chat dulu sebelum menelfon
Chat dulu sebelum menelfon/ Foto: freepik.com/wayhomestudio

Apabila tidak dalam kondisi mendesak, ada baiknya kamu chat dahulu sebelum menelepon seseorang, sebab bisa saja orang tersebut sedang dalam urusan tertentu dan tidak berkenan menerima panggilan.

Kamu bisa mengirim pesan pada beliau dengan sebuah pertanyaan apakah yang bersangkutan bisa ditelepon saat ini atau tidak. Jika bersedia, maka kamu bisa baru bisa menelepon.

Jangan Terlalu Lama Gunakan Hotspot Pribadi Orang Lain

Menggunakan hotspot pribadi
Menggunakan hotspot pribadi/ Foto: freepik.com/tirachardz

Sebagian dari kita pasti pernah meminta sambungan hotspot pribadi dari orang lain karena kondisi yang mendesak. Namun kita harus tahu diri untuk tidak memanfaatkannya secara berlebihan.

Jangan aji mumpung ya Beauties, mentang-mentang gratisan, lalu kamu seenaknya menggunakan hotspot tersebut untuk mengakses aplikasi yang menghabiskan banyak kuota. Bisa saja yang punya hotspot tidak rela, namun sungkan untuk menegurmu.

Bayarlah Utang Meski Nominalnya Kecil

Membayar hutang
Membayar uutang/ Foto: freepik.com/gpointstudio

Utang adalah kewajiban uang perlu dibayar atau dikembalikan. Tidak peduli nominal utang tersebut baik besar maupun kecil, tetap harus dikembalikan, bahkan jika orang yang kamu mintai pinjaman lupa akan utangmu. 

Membayar utang walau dalam nominal kecil sekalipun akan menunjukkan integritas dan karaktermu, lho. Kamu akan dikenal sebagai orang yang bisa dipercaya. Jadi buat kamu yang masih punya utang, jangan lupa dibayar ya.

Biasa Ucapkan 3 Magic Words

Mengucapkan terima kasih
Mengucapkan terima kasih/ Foto: freepik.com/cookie_studio

Ketika kecil, kamu sering diajarkan untuk selalu menerapkan 3 magic words, di antaranya 'maaf', 'tolong', dan 'terima kasih'. Melansir dari majalah Dawn, 3 kata ajaib tersebut membuat seseorang merasa dihargai, menenangkan emosi, memperkuat ikatan, dan terkadang memperbaiki hubungan yang tegang.

Mengucapkan kata tersebut kepada orang lain, bahkan terhadap anak kecil, bisa membuatmu terlihat beretika dan tidak terkesan sombong.

Nah Beauties, jangan lupa untuk selalu mengucapkan 3 kata ajaib tersebut kapan pun di mana pun ya.

[Gambas:Youtube]

-------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id