sign up SIGN UP

Baim Wong Kena Kecaman Netizen, Lantas Bagaimana Aturan Berbagi yang Benar untuk Sebuah Konten?

Rini Apriliani | Selasa, 12 Oct 2021 15:30 WIB
Baim Wong Kena Kecaman Netizen, Lantas Bagaimana Aturan Berbagi yang Benar untuk Sebuah Konten?
caption
Jakarta -

Konten berbagai menjadi salah satu konten ciri khas dari Baim Wong. Dalam kanal YouTubenya ia sering kali membagikan banyak uang untuk masyarakat yang membutuhkan. Namun tentu saja, tidak semua orang dapat diberikan bantuan oleh ayah dari Kiano ini.

Baim Wong pernah menegaskan, jika dirinya memberi saat ia memang ingin memberi tanpa paksaan. Selain itu, ia pun akan menolak memberikan sejumlah uang kepada mereka yang memaksa dan mengemis-ngemis menemuinya.

Baru-baru ini salah satu kontennya mendadak viral di sosial media. Viralnya tersebut mendatangkan banyak kecaman dari masyarakat yang menilai jika apa yang dilakukan oleh Baim tersebut kurang menyenangkan. 

Konten Berbagi Baim WongKonten Berbagi Baim Wong/ Foto: YouTube.com/BaimPaula

Kronologisnya, ada seorang bapak-bapak yang membawa motor bebek mengikuti perjalanan Baim. Melihat hal tersebut, pria berusia 40 tahun ini tidak menyukainya. Secara tegas ia menolak membantunya, saat bapak tersebut menawarkannya barang dagangan.

"Kaya gini dong, kerja bukan ngemis," ujar Baim sembari memberikan uang ke deretan ojek online yang sedang mangkal di tempat tersebut. 

Melihat acara bagi-bagi uang yang dilakukan Baim kepada para ojol, sementara bapak bermotor bebek tersebut tidak mendapatkan uang bantuan, mendatangkan banyak kecaman. Netizen mengatakan jika hal tersebut kurang etis dilakukan. Sebab, seperti halnya orang yang 'memberikan makan kepada orang yang kenyang, di samping orang yang begitu kelaparan'. 

Jika untuk Konten, Ini Etika Berbagi yang Baik dan Bisa Coba Diterapkan

Belajar dari konten berbagi dari YouTube Baim Wong yang viral dan ramai kecaman, lalu bagaimana etika berbagi yang baik kepada yang membutuhkan? Simak di bawah ini yuk, Beauties!

1. Jika Dia Meminta dan Kamu Tak Suka dengan Sikapnya, Tegur Tanpa Tersorot Kamera

Tidak Perlu Menyorot KameraTegur Tanpa Tersorot Kamera/ Foto: Freepik.com

Beauties, jika kamu ingin menjadikan momen berbagimu sebagai sebuah konten dan disebarluaskan kepada masyarakat agar mereka turut termotivasi dengan apa yang kamu lakukan. Maka saat ada hal yang tidak kamu sukai, usahakan untuk tidak membuatnya tersorot kamera.

Tidak menyukai sikapnya tidaklah masalah, karena setiap orang memiliki hak untuk menyukai atau tidak. Namun, jangan jadikan mereka sebagai tontonan atau bahan untuk sebuah konten.

2. Turut Menjaga Nama Baik dan Perasaannya

Close-up portrait of a girl crying and covering her face. Lonely woman in despair. upset. Depress woman outdoor Woman Suffering From Depression. Negative human emotion face expression. Stress. A woman cryMenjaga Nama Baik dan Perasaannya/ Foto: Getty Images/iStockphoto/dragana991

Penting untuk kamu juga menjaga nama baiknya dan perasaannya. Setiap orang tentu ingin hidup enak dengan segala hal terpenuhi. Tapi kembali lagi, tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Maka saat kamu berbagi, usahakan untuk tidak menyorot tentang dirinya. Sebab, ada sebagian orang yang memang tidak mempermasalahkan jika tersorot kamera dan ada juga yang justru tidak menyukainya karena merasa malu.

Cara paling terbaik adalah dengan memblur atau menyembunyikan mereka yang menerima bantuan. Hal ini adalah solusi aman, karena kamu bisa tetap berbagai tanpa menyorot tentang dirinya.

Atau, jika contohnya mereka odgj yang membutuhkan penanganan dinas sosial dan kamu ingin membantunya, tidak ada salahnya untuk menyorotkan kamera kepadanya. Siapa tahu hal ini benar-benar menggerakkan banyak pihak untuk turut memberinya penanganan.

3. Jika Memang Tidak Ingin Memberi, Cukup Katakan dan Beri Pemahaman

Beri Pemahaman KepadanyaBeri Pemahaman Kepadanya/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Jika kamu tidak ingin memberi, maka cukup berikan pemahaman kepadanya. Jelaskan alasan mengapa kamu tidak ingin memberinya. Kembali lagi, usahakan untuk tidak menyorotkan kamera untuk menjaga nama baik dan perasaannya. 

Kamu memang yang paling berhak atas uang yang kamu miliki, namun bagaimanapun, menjaga perasaan seseorang sangatlah penting.

Beauties, terlepas dari kontroversi yang ada jangan lupa untuk selalu menebar banyak kebaikan dengan cara baik kepada mereka yang membutuhkan ya! Membuat orang senang tentu akan membuat kita pun senang. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id