sign up SIGN UP

Biar WhatsApp Nggak Dibajak, Jangan Coba-coba Ikuti 'Jebakan Batman' Ini Deh!

Tim Redaksi CNBC Indonesia | Beautynesia
Senin, 06 Jun 2022 12:30 WIB
Biar WhatsApp Nggak Dibajak, Jangan Coba-coba Ikuti 'Jebakan Batman' Ini Deh!
caption
Jakarta -

Sejak dahulu, berbagai macam penipuan kerap terjadi. Tak usai, kini semakin majunya zaman dan berkembangnya teknologi, para penipu pun semakin pintar dalam menjalankan aksinya. 

Jika dahulu kita sering menemui bentuk penipuan melalui SMS dan telpon, saat ini mulai merambah melalui WhatsApp yang menjadi salah satu aplikasi chatting yang banyak digunakan. 

Triknya pun cukup pintar, pendiri dan CEO CloudSEK, Rahul Sasi mengatakan trik baru ini dimulai dari korban yang akan mendapat telepon dari pelaku dan memintanya untuk menelpon nomor tertentu, setelah itu pelaku bisa mengambil alih akun pengguna. 

WhatsAppCara Mencegah Akun WhatsApp Dibajak/ Foto: Freepik.com/benzoix

Korban akan diminta menekan **67* [10 digit nomor] atau *405* [10 digit nomor]. Lalu, setelah menghubungi nomor tersebut, akun WhatsApp akan otomatis keluar dan pelaku punya kendali penuh atas akun tersebut.

"Begitu peretas mendapatkan akses ke akun, mereka meminta uang pada kontak yang dimiliki korban. Dengan cara ini, penyerang menipu kontak WhatsApp korban bahkan sebelum korban telah menyadari jika mereka telah kehilangan kendali atas akunnya," ujar Rahul Sasi.

Rahul pun kembali mengatakan, jika salah satu yang membuat para korban tak ragu untuk menelpon adalah kemungkinan karena penyedia layanan di seluruh dunia menggunakan nomor yang dimulai dengan angka 67 atau 405.

"Karena penyedia layanan di seluruh dunia menggunakan nomor yang dimulai dengan 67 atau 405, para korban biasanya tidak ragu untuk menelepon," lanjutnya. 

Beauties, modus ini mirip seperti mengambil alih akun WhatsApp dengan meminta kode One Time Password (OTP) dari korban. Trik tersebut pun cukup sering digunakan oleh para penipu sejak beberapa waktu lalu. 

Cara Aktifkan Two Step Verification di WhatsApp, Biar Nggak Kena Bajak!

WhatsAppCara Aktifkan Two Step Verification di WhatsApp/ Foto: Freepik.com/kroshka__nastya

Maka dari itu, ada baiknya untukmu melindungi akun dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah (two step verification) di akun WhatsApp dan mengatur password atau PIN untuk masuk. 

Cara mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi WhatsApp

2. Tekan ikon tiga titik di bagian pojok kanan atas

3. Lanjutkan dengan masuk ke menu Settings

4. Pilih Pengaturan Akun

5. Klik Two-step Verification

6. Berikutnya akan ada permintaan untuk mengaktifkan fitur dengan PIN dan tekan enable

7. Buat PIN dengan memasukkan enam angka sesuai keinginanmu

8. WhatsApp akan meminta memasukkan alamat email yang terhubung dengan akun. Ini digunakan saat ingin mengganti PIN

Beauties, itu dia cara mencegah akun kena bajak, agar tidak ditipu orang jahat. Jangan lupa untuk menerapkannya. Untuk lebih lengkap, baca di sini. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id