STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Bingung Cara Mengalokasikan Uang THR dengan Bijak? Cek Saran dari Perencana Keuangan Berikut, Beauties!

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 20 Apr 2022 09:45 WIB
Bingung Cara Mengalokasikan Uang THR dengan Bijak? Cek Saran dari Perencana Keuangan Berikut, Beauties!

Dana THR atau Tunjangan Hari Raya Lebaranmu sudah cair, Beauties? Sudah tahu ingin dipakai buat apa saja?

Keberadaan dana THR memang diperuntukkan bagi pekerja/buruh untuk menunjang hari keagamaan mereka, apakah itu Idulfitri, Natal, Waisak, Nyepi, juga Imlek.

Pada beberapa perusahaan, dana THR tahun ini sudah cair. Bila kamu belum memperolehnya, kemungkinan besar adalah H-7 sebelum Lebaran, Beauties.

Nah, mungkin kamu tengah bingung bagaimana cara mengalokasikan dana THR agar dapat digunakan secara tepat alih-alih terjerumus foya-foya belaka?

Well, coba intip apa kata perencana keuangan berikut ini!

Bagilah Beberapa Persen Dana THR-mu untuk Berbagai Kebutuhan

Cara memulai investasi bagi pemula/freepik/benzoixIlustrasi dana THR /freepik/benzoix/

"Boleh nggak semuanya saya pakai buat pulang kampung? Boleh-boleh aja. cuma jangan lupa untuk tetap disisihkan atau untuk jaga-jaga gitu ya. paling tidak pembagiannya adalah 90% digunakan untuk Lebaran, 10% untuk menabung," Jelas Perencana Keuangan Andy Nugroho, seperti dikutip dari detikcom, (19/4).

Selain itu ada perhitungan lain yang juga bisa kamu terapkan sesuai kebutuhan, Beauties. Misalnya untuk mudik 30-40% dari THR, menabung 30%, dan bayar utang 30%.

Dengan begitu, menurut Andy, THR-mu justru bisa bertambah jumlahnya meski Lebaran telah usai. Yaitu karena diinvestasikan ke instrumen investasi, yang tentunya sesuai kemampuan.

Seperti Apa Investasi yang Cocok?

Ilustrasi investasi/ Foto: Freepik/Rawpixel.comIlustrasi investasi/ Foto: Freepik/Rawpixel.com/

"Nah, hitungan investasi apa yang cocok untuk kita, kalo saya selalu tanya dulu, atau saya selalu nyaranin awalnya kita cek dulu, pahami dulu, profil kemampuan kita menerima risiko itu seperti apa," katanya.

Profil risiko itu bisa dibagi menjadi konservatif atau cenderung mengindari risiko, agresif, serta moderat. Selain itu pentingnya juga untuk mengetahui serta mempelajari jenis investasi yang kamu pilih, alih-alih hanya ikut-ikutan saja ya, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE