STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Bisa Mengurangi Pahala, 5 Hal Makruh Ini Lebih Baik Dihindari Saat Sedang Puasa

Lynisa Hidayah | Beautynesia
Kamis, 14 Apr 2022 13:45 WIB
Bisa Mengurangi Pahala, 5 Hal Makruh Ini Lebih Baik Dihindari Saat Sedang Puasa

Puasa berarti menahan lapar dan haus serta dari hal-hal yang membatalkan. Termasuk saat kamu melakukan hal-hal yang hukumnya makruh walaupun diperbolehkan, lebih baik dihindari agar tidak mengurangi pahala puasa. Dihimpun dari CNN Indonesia, berikut makruh dalam puasa yang sebaiknya dihindari.

Gibah

Puasa tidak hanya tentang menahan haus dan lapar. Di dalam puasa terdapat kewajiban menjaga lisan dari perbuatan yang membatalkannya, termasuk gibah. Namun nyatanya, gibah atau bergosip memang sulit untuk dihindari dan secara tidak langsung sering kita lakukan.

Ghibah
Ilustrasi gibah/Foto: freepik.com/Master1305

Seperti yang dijelaskan dalam surat Al-Hujurat: 12, yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian dari prasangka itu dosa, Dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat, Maha Penyayang."

Jadi, selama puasa alangkah baiknya kita sama-sama menahan diri untuk tidak gibah atau membicaranya hal-hal yang tidak perlu. Lebih baik kita ganti dengan melakukan kegiatan bermanfaat seperti membaca Al-Qur'an. 

Berkumur Secara Berlebihan

Berkumur Secara Berlebihan
Berlebihan dalam berkumur/Foto: freepik.com/wayhomestudio

Sejatinya berkumur boleh saat puasa, asal tidak berlebihan atau secara sengaja menelannya. Hukumnya makruh ketika berlebihan dalam berkumur saat berpuasa didasarkan pada sabda Nabi Muhammad SAW kepada Laqit bin Shabrah:

"Bersungguh-sungguhlah dalam berkumur dan dalam menghirup air ke hidung, kecuali jika engkau sedang berpuasa."

Mencicipi Makanan

Mencicipi Makanan
Ilustrasi mencicipi makanan/Foto: pexels.com/Anna Tarazevich

Mencicipi makanan saat berpuasa hukumnya makruh, selama makanan tersebut tidak tertelan sampai ke perut. Kecuali dalam keadaan darurat untuk kepentingan anak kecil atau orang sakit. Namun, jika mencicipi makanan secara berlebihan hingga masuk ke dalam perutnya walaupun sedikit, maka hal ini bisa membatalkan puasanya.

Sikat Gigi

Sikat Gigi
Ilustrasi sikat gigi/Foto: freepik.com/Racool_studio

Walaupun tidak membatalkan puasa, namun lebih kamu berhati-hati menyikat gigi saat sedang berpuasa. Pasalnya, apabila air atau odol masuk ke tenggorokan, hal ini bisa membatalkan puasa. 

Seperti dijelaskan dalam fatwa dari dewan fatwa Al-Lajmah Ad-Daimah 25/25 berikut:

“Tidak mengapa (mubah) menggunakan pasta gigi bersama siwak karena bukan termasuk (perbuatan) makan dan minum, akan tetapi hendaknya tidak berlebihan dalam menggunakannya karena dikhawatirkan ada sedikit yang masuk ke kerongkongannya.” 

Menelan Ludah

Menelan ludah dimakruhkan bagi yang sedang berpuasa karena bisa menyebabkan air ludah tertelan secara tidak sengaja. Hal ini tentu saja bisa membatalkan puasa dan bisa mengurangi pahala puasa kamu.

Dari lima aktivitas di atas, mana yang pernah atau bahkan sering kamu lakukan, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE