STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Breaking News: Kasus Covid-19 Menurun, PPKM Level 3 Masih Kembali Diperpanjang Hingga 13 September 2021

Rini Apriliani | Beautynesia
Senin, 06 Sep 2021 22:15 WIB
Breaking News: Kasus Covid-19 Menurun, PPKM Level 3 Masih Kembali Diperpanjang Hingga 13 September 2021

Pemerintah kembali mengumumkan nasib PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang telah berlangsung sejak bulan Juli lalu. Memasuki September, ternyata PPKM Level 3 masih harus diperpanjang hingga 13 September 2021 mendatang. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Luhut Binsar Pandjaitan, selaku Menko Kemaritiman dan Investasi dalam konferensi pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden. Ia mengatakan jika saat ini kasus penyebaran Covid-19 telah mengalami pengurangan di beberapa Kota Kabupaten. 

"Situasi perkembangan Covid-19 di Jawa dan Bali terus mengalami perbaikan yang cukup berarti. Hal ini ditandai semakin sedikitnya kota kabupaten berada di level 4," ujar Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Kemaritiman dan Investasi dalam konferensi pers, Senin (6/9).

Konferensi Pers PemerintahKonferensi Pers Pemerintah/ Foto: YouTube.com/Sekretariat Presiden

Sejumlah daerah yang mengalami penurunan level PPKM salah satunya adalah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Yogya turun dari dari PPKM level 4 ke level 3. Sedangkan untuk daerah Bali masih tetap berada di level yang sama, level 4.

"DIY berhasil turun ke level 3. Sementara Bali kami perkirakan butuh waktu 1 minggu lagi untuk turun ke level 3 dari level 4 akibat perawatan pasien di rumah sakit yang masih tinggi," kata Luhut.

Ia pun mengatakan jika secara keseluruhan indikator terus mengalami perbaikan yang begitu baik. 

"Secara keseluruhan indikator transmisi penyakit yang terdiri dari penambahan kasus konfirmasi, jumlah perawatan pasien yang ada di rumah sakit, dan jumlah kematian terus mengalami perbaikan," ucapnya.

Beautiful Latin woman from Bogota Colombia between 20 and 29 years old, looks at the camera in a portrait and checks her cell phone waiting for a service to offer while wearing her maskPandemi Covid-19/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Mario Arango

Menilik hal ini, Luhut kembali menambahkan jika hal ini patut untuk disyukuri, namun tidak dengan dilakukannya perayaan. Sebab, sekecil apapun kelengahan kita dengan Covid-19, hal ini dapat membuat munculnya masalah baru di beberapa minggu ke depan. 

"Semua ini tentunya sesuatu yang patut kita syukuri, yang merupakan buah dari kerja keras kita semua. Apa yang dicapai kita sampai hari ini, tentunya bukanlah bentuk euforia yang harus dirayakan. Kelengahan sekecil apapun yang kita lakukan, ujungnya akan terjadinya peningkatan kasus dalam beberapa minggu ke depan. Dan ini salah satu hal yang harus kita hindari," tambahnya.

Jakarta kembali menerapkan PSBB Transisi di tengah pandemi COVID-19. Sejumlah tempat makan pun kembali menerima pengunjung untuk makan di tempat.Pandemi Covid-19/ Foto: Rifkianto Nugroho

Adapun aturan baru pada perpanjangan PPKM Jawa Bali 7 - 13 September 2021 ini, yaitu terkait waktu makan di tempat (dine-in) dari 30 menit kini menjadi 60 menit dengan kapasitas 50 persen.

Pemerintah pun mengungkapkan jika akan kembali melakukan uji coba protokol kesehatan dan platform Peduli Lindungi untuk mal dan pusat perbelanjaan dengan batasan-batasan tertentu.

Tak hanya itu, uji coba pembukaan 20 tempat wisata di kota pun akan kembali dibuka dengan PPKM Level 3 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan implementasi aplikasi PeduliLindungi.

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE