sign up SIGN UP

Cara Sederhana Kelola Amarah, Biar Hidup Damai

Lilis Suhartini | Beautynesia
Sabtu, 09 Nov 2019 04:00 WIB
Cara Sederhana Kelola Amarah, Biar Hidup Damai
caption
Kalau mau hidup damai, banyak yang harus kamu lakukan. Salah satunya adalah pintar dalam mengelola amarah, Ladies. Terlalu mudah marah dan terpancing amarah karena banyak hal yang sebenarnya bisa diatasi dengan rasa sabar, akan membuat hidupmu tidak damai. Yuk, cari tahu cara sederhana kelola amarah biar hidup damai berikut!

Ambil Napas


Foto: https://tribunnews.com/

Setiap kali kamu merasakan amarah, luangkan waktu untuk ambil napas panjang. Napas biasanya menjadi lebih dangkal dan semakin cepat saat kamu marah. Kelola amarah dengan mengambil napas dalam-dalam dari hidung dan keluarkan dari mulut selama beberapa saat. Ulangi beberapa kali sampai kamu menjadi lebih tenan. Dengan begitu amarahmu akan lebih terkontrol.


Ungkapkan Amarah dengan Tepat


Foto: https://www.iamexpat.nl

Saat marah, cobalah ungkapkan amarahmu dengan tepat. Susah memang, tapi kamu harus belajar. Tepat yang bagaimana? Berpikirlah sebelum berbicara.

Di saat marah, memang sangat mudah untuk mengatakan sesuatu yang nanti akan kamu sesali. Oleh karena itu, luangkanlah waktu beberapa saat untuk menyusun kalimat sebelum mengutarakan amarahmu.

Segera setelah kamu berpikir, ungkapkan amarah dengan cara yang tegas tetapi tidak konfrontasional. Nyatakan kekhawatiran dan kebutuhan kamu dengan jelas dan langsung, tanpa menyakiti orang lain. 


Cari Solusi


Foto: https://www.channelpartnersonline.com

Alih-alih berfokus pada hal yang membuatmu marah, berusahalah untuk menyelesaikan masalah yang ada. Kalau meja berantakan membuatmu marah karena barang-barang sulit dicari, rapikan saja mejamu. Jika kamu marah pasangan sering terlambat makan malam bersama, coba jadwalkan makan malam agar jelas waktunya. Ingatkan dirimu bahwa kemarahan tidak akan memperbaiki apapun dan hanya akan memperburuk keadaan.


Jangan Menyimpan Dendam


Foto: https://asset-a.grid.id

Memaafkan adalah cara kelola amarah yang ampuh. Jika kamu membiarkan amarah dan perasaan negatif lainnya mengusir perasaan positif, kamu mungkin masih menyimpan dendam. Jika kamu bisa memaafkan seseorang atau suatu hal yang membuatmu marah, kamu akan memperkuat hubungan tersebut. Sekalipun saat kamu kecewa dan marah pada dirimu sendiri, cobalah maafkan dirimu sendiri dan menjadi pribadi yang lebih baik.


Gunakan Humor


Foto: https://images.theconversation.com

Dari pada berfokus pada amarahmu, lebih baik buat dirimu tertawa. Gunakan humor untuk membantu menghadapi apa yang membuatmu marah dan segala harapan tentang bagaimana hal-hal seharusnya berjalan. Carilah hal lucu di sekitarmu, seperti melihat hewan peliharaan, melihat komedi, melihat anak atau adik bermain, dan sebagainya. Patut dicoba!


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id