sign up SIGN UP

Dampak Blue Light untuk Kulit yang Sering Disepelekan, Kamu Wajib Tahu Nih!

Istikhomah | Beautynesia
Rabu, 01 Dec 2021 23:00 WIB
Dampak Blue Light untuk Kulit yang Sering Disepelekan, Kamu Wajib Tahu Nih!
caption
Jakarta -

Pandemi memaksa kita untuk terus melakukan segala aktivitas secara online. Tak hanya komunikasi dengan keluarga atau sahabat, gadget kini juga digunakan untuk bekerja dan sekolah. Nah, tahukah Beauties jika lama-lama memakai gadget bisa berdampak besar pada kesehatan tubuh, lho. 

Radiasi blue light yang dihasilkan perangkat elektronik tersebut tidak hanya merusak kesehatan mata, tapi juga menyebabkan kulit dalam kondisi buruk. Nah, untuk lebih lengkap mengenai blue light dan dampaknya terhadap kesehatan kulit wajah bisa Beauties simak di bawah ini. 

Pengertian Blue Light

Cahaya gadget/ Foto : Pexels/ Andrea Piacquadio
Cahaya gadget/ Foto: Pexels/ Andrea Piacquadio

Apa sih blue light itu? Blue light merupakan cahaya tampak yang memiliki panjang gelombang antara 400 dan 450 nanometer (nm). Cahaya kasat mata ini memiliki energi paling tinggi di antara jenis warna lainnya.

Blue light dipancarkan oleh perangkat elektronik yang bisa menembus lebih dalam ke lapisan kulit dibandingkan sinar UV matahari. Beberapa perangkat elektronik yang memancarkan cahaya ini yaitu handphone, laptop, dan lampu LED.

Dampak Blue Light Terhadap Kulit

Penggunaan alat elektronik/ Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Penggunaan alat elektronik/ Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Sesuai yang disebutkan di atas jika cahaya blue light mampu menembus ke lapisan kulit lebih dalam. Hal tersebut pula yang memicu kerusakan kulit dalam jangka panjang, terutama bagian wajah. Nah, beberapa dampak blue light yang terlihat begitu kentara, yaitu:

  • Kulit wajah mengalami tanda-tanda penuaan lebih cepat. Hal ini dikarenakan cahaya dari gadget dapat merangsang produksi radikal bebas pada kulit. 
  • Produksi radikal bebas akibat blue light juga membuat kulit lebih cepat alami kerutan. 
  • Blue light menyebabkan stress oksidatif yang dapat menghancurkan kolagen dan menyebabkan kerusakan DNA. 
  • Memicu aktifnya melanin pada kulit yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi atau flek-flek hitam pada kulit wajah.

Cara Mengurangi Efek Blue Light

Wanita menggunakan gadget/ Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Wanita menggunakan gadget/ Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Dibandingkan dengan paparan sinar matahari, radiasi dari blue light lebih berbahaya. Untuk menghindari dari hal yang tidak diinginkan, Beauties bisa mulai menerapkan beberapa tips berikut agar mengurangi efek buruk dari paparan cahaya gadget. 

  • Hindari terlalu lama bermain gadget. Kamu bisa menerapkan konsep 20-20-20. Dimana 2 menit pertama memakai gadget, kemudian 20 detik istirahat dan terakhir berjalan setidaknya 20 kaki. 
  • Membatasi jarak pandang dengan layar gadget. Tips ini juga bisa kamu gunakan, apalagi yang sehari melakukan segala aktivitas dengan gadget.
  • Rutin menggunakan skincare, terutama memakai sunscreen meskipun beraktivitas di dalam ruangan. 

Lama-lama bermain gadget tidak hanya berbahaya untuk mata, tapi juga kesehatan kulit Beauties. Tidak ingin alami penuaan dini? Beauties bisa mengurangi penggunaan gadget mulai saat ini. Jangan lupa untuk rajin melakukan perawatan dengan produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit, Beauties.

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id