sign up SIGN UP

Dapat Kerja dari LinkedIn Jadi Lebih Mudah dengan Cara Ini

Sylvia Yuliasar | Beautynesia
Jumat, 12 Feb 2021 11:00 WIB
Dapat Kerja dari LinkedIn Jadi Lebih Mudah dengan Cara Ini
caption

Dikenal sebagai salah satu platform tempat mencari pekerjaan yang banyak digandrungi sekarang ini, faktanya LinkedIn adalah social media selayaknya Facebook, Instagram dan lain-lain yang memiliki banyak fungsi sosial di dalamnya.

Dengan LinkedIn kamu bisa 'unjuk diri' secara lebih profesional dibandingkan social media lainnya. Profil profesional mu inilah yang bisa mengantarkan mu pada pekerjaan-pekerjaan yang baik.

LinkedIn profil yang baik bisa memberikan mu banyak kesempatan
Contoh profil LinkedIn / pinterest.com (career contessa)

Namun, selain membuat profile yang menarik, ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan jika ingin cepat mendapatkan kerja dari LinkedIn. Simak beberapa tips berikut ini yuk!

1. Buat Headline yang Sesuai

Headline LinkedIn bisa menarik recruiter menawarkan pekerjaannya padamu
Headline LinkedIn / pinterest.com (brandyourself)


Headline adalah teks yang tertera di bawah nama saat orang membuka profile-mu. Tulis headline dengan jabatan yang sedang kamu incar atau yang sedang kamu sandang sekarang untuk memudahkan para recrutier menemukanmu.

2. Nyalakan Notifikasi Pekerjaan

Nyalakan notifikasi pekerjaan mu di LinkedIn
Notifikasi pekerjaan LinkedIn / linkedin.com (istimewa)


Pada saat kamu mencari pekerjaan di LinkedIn, tentunya kamu akan memasukkan keyword pekerjaan yang ingin kamu dapatkan bukan?

Misalnya kamu mencari pekerjaan sebagai Digital Marketing, maka setelah kamu mengetik, "Digital Marketing" pada kolom pencarian di bagian "Jobs", geser tanda "Job Alert" agar kamu bisa mendapatkan rekomendasi pekerjaan dengan titel yang sama di kemudian hari, tanpa harus mencarinya secara manual.

3. Teknik Elevator Pitch untuk Summary

Buat summary dengan teknik elevator pitch
Summary LinkedIn / pinterest.com (hubspot)


Pada dasarnya Elevator Pitch adalah ringkasan tentang pengalaman kerja dan latar belakang mu. Paling tidak, rangkuman ini harus bisa menjawab dua pertanyaan yakni; "Apa saja value yang dapat kamu berikan?" dan "Apa perbedaan mu dengan orang lain". 

Kamu juga wajib menuliskan kata kunci yang relevan dengan pekerjaan yang kamu cari agar profile mu lebih mudah ditemukan recruiter. Kamu bisa menuangkannya di kolom Summary pada profile-mu.

4. Sertakan Portofolio atau Link Terkait

Portofolio akan menguatkan cerita pekerjaan yang tertuang dalam CV-mu
Contoh portofolio / pinterest.com (crmrkt)


Kalau di CV kamu hanya bisa menceritakan prestasi dan pekerjaanmu, di portofolio kamu bisa menunjukkan bukti otentik dari apa yang kamu kerjakan tersebut. Rangkum semuanya dalam satu folder digital dan bagikan link folder tersebut saat berinteraksi dengan recruiter.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id