Dapat Pekerjaan Baru? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Resign!
Resign dari kantor saat ini mungkin membuat kamu dilema sebelum mendapatkan pekerjaan baru. Tetapi jika kamu mendapatkan kesempatan untuk bekerja di tempat baru dengan gaji dan fasilitas yang lebih menguntungkan, pastikan kamu sudah mempersiapkan beberapa hal ini sebelum resign, ya, Beauties!
Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengundurkan diri ini sangat penting untuk diperhatikan. Cara ini sangat membantu agar kamu tidak menyesal di kemudian harinya.
Apa saja, sih, yang harus diperhatikan saat ingin mengundurkan diri dari pekerjaan? Dilansir melalui Indeed, berikut 5 hal yang harus kamu persiapkan sebelum resign dari kantor lama.
1. Evaluasi Sebelum Membuat Keputusan
![]() Ilustrasi wanita sedang evaluasi pekerjaan. /Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio. |
Langkah pertama sebelum kamu menyerahkan surat pengunduran diri ke atasan, lakukanlah evaluasi terlebih dahulu terkait opsi untuk pekerjaan baru kamu. Pahami juga apa yang menjadikan kebutuhan kamu untuk resign dan mendapatkan kesempatan di kantor baru nanti. Dengan mengevaluasi pilihan kamu, ini akan membantu untuk meningkatkan percaya diri dalam mengambil keputusan.
2. Buat Dokumentasi Pencapaian Karier
![]() Ilustrasi pencapaian karir. /Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio. |
Selanjutnya, buatlah dokumentasi pencapaian karier meliputi tugas, sertifikasi, hingga penghargaan yang kamu raih selama bekerja di kantor kamu. Dengan begitu, kamu akan lebih percaya diri saat pindah ke pekerjaan baru. Dari pencapaian tersebut, ini bisa meningkatkan resume agar diri kamu terlihat lebih kompeten.
Dapat Pekerjaan Baru? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Resign!
Dapat Pekerjaan Baru? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Resign!/Foto: Freepik.com/freepik
3. Mintalah Rekomendasi dari Rekan Kerja
![]() Ilustrasi meminta rekomendasi kerja. /Foto: Pexels.com/Gustavo Fring. |
Di beberapa perusahaan, kamu mungkin memerlukan rekomendasi profesional atas keahlian pekerjaan kamu. Biasanya ini juga akan diminta oleh perusahaan selanjutnya saat kamu mendapatkan pekerjaan baru. Kamu bisa memintanya melalui kolega seperti atasan, rekan kerja, atau divisi HR.Â
4. Ikuti Prosedur Pengunduran Diri
Setiap perusahaan menetapkan kebijakan aturan yang berbeda-beda jika karyawannya akan resign. Contohnya seperti memberikan surat pengunduran diri 30 hari sebelum kamu akan keluar. Hal ini biasanya diperlukan agar perusahaan bisa mencari kandidat baru untuk menggantikan posisimu.
5. Beri Ucapan Terima Kasih
![]() Ilustrasi mengucapkan terima kasih saat resign. /Foto: Pexels.com/fauxels. |
Jika kamu sudah bersiap untuk resign dari pekerjaan, jangan lupa untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada rekan kerja termasuk atasan kamu. Terlebih jika mereka sudah membantu kamu agar tumbuh menjadi seorang profesional. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kesan yang positif meski sudah bekerja di tempat yang baru.
Itulah 5 hal yang wajib kamu persiapkan sebelum resign. Cara ini sangat membantu terutama buat kamu yang masih bingung mempersiapkan diri untuk resign. Pastikan kamu bisa memberikan kesan yang baik, ya, Beauties!
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!



