sign up SIGN UP

Dari Paranoid Hingga Narsistik, Kenali 3 Macam Cluster Personality Disorder

Risma Oktaviani | Beautynesia
Minggu, 15 Aug 2021 23:30 WIB
Dari Paranoid Hingga Narsistik, Kenali 3 Macam Cluster Personality Disorder
caption

Personality atau kepribadian manusia adalah cara berpikir, merasa, dan berperilaku yang membuat seseorang berbeda dengan orang lain. Kepribadian seorang individu dapat dipengaruhi oleh pengalaman, lingkungan, situasi, dan karakteristik yang diwariskan. Sifat manusia biasanya tetap sama dari waktu ke waktu.

Sementara personality disorder atau gangguan kepribadian adalah adanya penyimpangan cara berpikir, merasa, dan berperilaku, yang kemudian akan merugikan diri sendiri, juga mengganggu aspek-aspek penting dalam kehidupan seperti hubungan sosial, sekolah, pekerjaan dan lain-lain.

Berbicara mengenai personality disorder, ternyata secara garis besar gangguan kepribadian terbagi menjadi 3 cluster, yaitu odd, dramatic, dan anxious.

Cluster A : Odd –  Eccentric Personality Disorder

takut berlebihan
paranoid / freepik.com / cookies_studio

Seseorang dengan gangguan ini menunjukkan adanya pemikiran atau perilaku yang aneh dan eksentrik. Gangguan ini menyebabkan kesulitan untuk bersosialisasi atau mengalami semacam halusinasi. Gangguan kepribadian yang termasuk pada cluster ini adalah gangguan kepribadian Paranoid (gangguan kepribadian yang ditandai dengan munculnya rasa curiga dan takut berlebihan terhadap orang lain),  Skizoid (gangguan kepribadian dimana seseorang menghindari kegiatan sosial dan secara konsisten menghindar dari interaksi dengan orang lain) dan Skizotipal (gangguan kepribadian yang ditandai dengan tingkah laku yang aneh dan cara bicara yang tidak wajar, sering berkhayal seolah-olah khayalannya itu nyata dan percaya bahwa pikiran mereka dapat memengaruhi orang dan peristiwa dalam hidup mereka).

Cluster B : Dramatic – Emotional Personality Disorder 

kepribadian narsistik
Narsistik / freepik.com/viki_studio

Orang dengan jenis gangguan kepribadian ini menunjukkan perilaku yang nggak terduga dan bereaksi secara dramatis terhadap peristiwa yang sebenarnya biasa saja. Mereka cenderung impulsif dan tidak menentu. Contohnya, Antisosial (rendahnya kemampuan seseorang dalam menilai baik-buruknya suatu hal sehingga cenderung membahayakan diri sendiri dan orang lain), Borderline disorder (memiliki ego yang rapuh dan percaya bahwa orang yang mereka cintai akan meninggalkan mereka), Histrionik (adanya kebutuhan konstan akan perhatian), dan Narsistik (percaya bahwa kebutuhan dan perasaan mereka lebih penting daripada orang lain)

Cluster C : Anxious – Fearful Personality Disorder

anxiety disorder
anxiety disorder / freepik.com / jcomp

Pada gangguan kepribadian cluster C ini, mereka merasa takut terhadap hal-hal tertentu dan menghindari untuk menghadapi ketakutan itu sendiri. Sehingga, perilaku tersebut menyebabkan masalah dalam hubungan interpersonal. Gangguan kepribadian pada cluster ini adalah Avoidant Disorder (ketakutan berlebih akan penolakan atau kritik apa pun), Dependent Disorder (ketakutan berlebih untuk harus mengurus diri sendiri atau membuat keputusan), dan Obsessive-Compulsive Disorder (gangguan kepribadian yang ditandai dengan perfeksionisme, keteraturan, dan kerapian yang ekstrem).



(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id