Demi Keseimbangan Kehidupan Personal dan Profesional, Beri Batasan yang Jelas saat Bekerja dengan 4 Cara Ini!
Kesehatan adalah aspek yang penting untuk diperhatikan dalam kehidupan semua orang. Demi menjaga kesehatan fisik dan mental, semua orang tentu harus menjalani kehidupan yang seimbang, baik dalam ranah personal maupun profesional.
Untuk memiliki hidup yang seimbang, seseorang harus mengetahui cara memberi batasan yang jelas saat bekerja. Dilansir dari Indeed, inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memberi batasan yang jelas antara kehidupan karier maupun personal.
Mendelegasikan Tugas
![]() Ilustrasi/Foto: Unsplash/Surface |
Kamu bisa mendelegasikan tugas jika diperlukan. Namun, kamu harus ingat bahwa selain harus mendapat izin dari atasan, kamu juga perlu mendapat persetujuan dari rekan kerja bahwa mereka mau membantumu atau mengambil alih tugasmu ketika kamu tidak bisa meluangkan waktu untuk mengerjakannya.
Mendelegasikan tugas seperti ini dapat membantumu fokus pada tugas lain yang lebih penting dan membuat pekerjaan harianmu berjalan dengan lancar. Langkah ini juga dapat membantumu menjaga agar beban kerjamu tetap dalam ambang batas wajar, tetapi tetap menunjukkan produktivitas.
Menetapkan Prioritas
![]() Ilustrasi/Foto: Unsplash/Samsung UK |
Penting untuk memahami tugas yang menjadi beban kerjamu serta ambang batas jumlah tugas yang bisa kamu kerjakan dalam sehari. Memahami kedua aspek ini membuatmu bisa menetapkan batasan yang lebih baik menyangkut tugas kerjamu dan membantumu tetap produktif selama jam kerja.
Untuk memahami hal ini, kamu bisa mencoba menghitung waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugasmu atau menghitung seberapa banyak tugas yang bisa kamu selesaikan dalam setiap hari kerja. Dengan melakukan langkah ini, kamu bisa menyeimbangkan kehidupan karier dan personal.
Demi Keseimbangan Kehidupan Personal dan Profesional, Beri Batasan yang Jelas saat Bekerja dengan 4 Cara Ini!
Demi Keseimbangan Kehidupan Personal dan Profesional, Beri Batasan yang Jelas saat Bekerja dengan 4 Cara Ini!/Foto: Freepik/benzoix
Mengambil Cuti
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/ tirachardz |
Banyak pekerja dengan posisi penuh waktu yang mendapat jatah cuti berbayar setiap tahunnya. Jika perusahaanmu menawarkan keuntungan seperti ini, cobalah untuk memanfaatkannya.
Mengambil cuti kerja membuatmu bisa mengembangkan kehidupan personal dan memiliki waktu untuk bersantai. Bahkan ketika kamu tidak punya jatah cuti berbayar, kamu tetap bisa merencanakan waktu untuk cuti dan beristirahat di rumah, terutama jika kamu sakit dan harus memulihkan diri terlebih dahulu.
Sering Berkomunikasi
![]() Ilustrasi/Foto: Unsplash/LinkedIn Sales Solutions |
Mengembangkan kemampuan komunikasi penting agar kamu bisa mengekspresikan pikiranmu kepada orang lain. Kemampuan komunikasi yang baik akan membantumu menjelaskan batasan yang kamu tetapkan dan alasan kamu memerlukannya.
Komunikasi yang baik juga akan membantu dalam menyelesaikan masalah mengenai batasan tersebut sehingga bisa membuat lingkungan kerja menjadi lebih sehat.
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Ilustrasi/Foto: Freepik.com/ tirachardz