STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Drama Korea 'Snowdrop' Kembali Menuai Kontroversi Hingga Brand yang Mundur Jadi Sponsor

Sierra Muktisari | Beautynesia
Senin, 20 Dec 2021 13:30 WIB
Drama Korea 'Snowdrop' Kembali Menuai Kontroversi Hingga Brand yang Mundur Jadi Sponsor

Beauties, apakah kamu salah satu yang sudah menyaksikan drama Korea Snowdrop yang dibintangi Jisoo BLACKPINK dan Jung Hae In? Drama yang satu ini memang telah banyak dinanti-nantikan para fans, terlebih proyek ini menjadi salah satu comeback dari Jung Hae In sekaligus debut Jisoo BLACKPINK sebagai pemeran utama di drama Korea.

Episode perdana Snowdrop ditayangkan pada Sabtu, (18/12) lalu melalui platform Disney+ Hostar. Sementara, episode kedua tayang pada Minggu, (19/12). Sayangnya, meski baru menayangkan 2 episode perdananya, Snowdrop kembali menuai kontroversi, Beauties.

Poster SnowdropPoster drama Korea Snowdrop/ Foto: soompi.com

Jauh sebelum penayangan resminya, proyek drama yang satu ini memang telah mencuri banyak perhatian. Selain karena dibintangi para artis ternama sekaligus disutradarai oleh sutradara drama Korea populer Sky Castle, banyak masyarakat Korea yang mengkritisi Snowdrop.

Pasalnya, jalan cerita drama ini dianggap sebagai distorsi sejarah Korea Selatan di tahun 1987. Kala itu, petisi untuk meminta Snowdrop dihentikan proses pembuatannya juga sempat dirilis. Karena petisi tersebut, JTBC selaku rumah produksi sempat buka suara mengenai kontroversi yang dikritisi masyarakat Korea, hingga melakukan perubahan nama untuk karakter-karakter yang diperankan.

JTBC sempat menjelaskan kalau Snowdrop bukanlah drama yang mendistorsi sejarah Korea, melainkan merupakan drama dengan unsur dark romance serta 'menyindir' situasi politik Korea Selatan di bawah pemerintahan otoriter di tahun 1980-an.

Drama Korea SnowdropDrama Korea Snowdrop/ Foto: instagram.com/jtbcdrama

Melansir Allkpop pada Senin, (20/12), hampir 200 ribu orang telah menandatangani sebuah petisi untuk Presiden Korea Selatan yang menginginkan drama Snowdrop dihentikan penayangannya. Hal tersebut dikarenakan drama Snowdrop dianggap sebagai distorsi fakta sejarah Korea Selatan di masa lalu.

Menurut petisi yang baru ini, episode perdana drama tersebut menampilkan pemeran utama perempuan yaitu Eun Young Ro (Jisoo BLACKPINK) yang secara keliru menyelamatkan mata-mata dari gerakan pro-demokrasi.

Selanjutnya, ketika salah seorang pemimpin laki-laki dari Badan Perencanaan Keamanan Nasional mengejar mata-mata yang diperankan oleh pemeran utama laki-laki yaitu Im Soo Ho (Jung Hae In), dalam adegan tersebut, dimainkan sebuah lagu bersejarah yang digunakan untuk melambangkan gerakan pro-demokrasi Korea Selatan.

Adegan di drama Korea SnowdropAdegan di drama Korea Snowdrop/ Foto: twitter.com/kdramassential

Pemirsa yang menonton adegan tersebut pada Sabtu, (18/12) lalu, turun ke platform online dan menyatakan ketidaknyamanan mereka, dengan mengatakan bahwa tidak pantas menggunakan lagu yang begitu signifikan untuk adegan yang menampilkan Badan Perencanaan Keamanan Nasional dan mata-mata dari sejarah seperti melansir Allkpop.

Dalam petisi tersebut juga menyatakan bahwa drama ini dianggap meromantisasi dan menampilkan pemeran utama pria sebagai mata-mata yang dikira sebagai tokoh pro-demokrasi mengarah pada distorsi sejarah, karena sebenarnya banyak orang tak bersalah yang disiksa oleh pemerintah dengan dikira mata-mata pada periode tersebut di Korea Selatan.

Jisoo BLACKPINK dan Jung Hae InAdegan di drama Korea Snowdrop/ Foto: instagram.com/jtbcdrama

Pihak Komisi Penyiaran di Korea Selatan pun telah menerima lebih dari 400 komplain sipil mengenai drama Snowdrop ini, dan mereka dikabarkan tengah meninjau kabar selanjutnya. Sementara, petisi baru untuk menghentikan penayangan Snowdrop ini akan ditutup pada Januari 2022 mendatang.

Tak hanya itu, setelah penayangan episode perdana drama tersebut, beberapa brand yang termasuk dalam daftar sponsor drama ini pun perlahan mulai mundur dari proyek drama Snowdrop. Mulai dari brand minuman teh Teazen, fashion brand GANISONG, brand kue beras Ssarijai, hingga pusat perbelanjaan Hans Plus.

[Gambas:Youtube]

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE