
Efek Jimin BTS, Bikin Ekspor Tteokbokki dan Gochujjang Melonjak Tajam!

Bagi ARMY, sebutan buat fans grup idola asal Korea Selatan BTS ini, ada istilah 'Efek BTS' yang berarti apapun yang dikenakan maupun dimakan member BTS, bakal beri keuntungan bagi pelaku usaha tersebut.
Seperti pakaian yang langsung sold out diborong ARMY, juga stok makanan yang habis di mana-mana karena kedapatan disantap member BTS tersebut. Nah, belum lama ini, Jimin BTS menunjukkan efek tersebut dalam penjualan tteokbokki dan gochujjang. Demikian dilansir dari Allkpop.
Menurut laporan tahun 2021 oleh pasar subdivisi makanan olahan yang diterbitkan perusahaan distribusi makanan pertanian Korea dan Kementerian Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, ekspor makanan olahan meningkat 35,1% dibanding tahun sebelumnya, Beauties. Sebelumnya 25,85 juta USD (sekitar Rp359 miliar) menjadi 34,93 juta USD (sekitar Rp489 miliar).
![]() |
Adapun yang mengalami lonjakan ekspor bahan makanan tersebut adalah tteokbokki 56,7% dan gochujjang sebesar 35,2%. Dan untuk pertama kalinya sejak 2019 bahan baku tteokbokki juga mengalami lonjakan 100 juta USD (Rp 1,4 triliun).
Alasannya karena Jimin Sering Memakannya
Ya, lonjakan tersebut dikaitkan dengan reputasi Jimin BTS secara global. Wow, keren banget ya! Ia memang dikenal berkontribusi dalam peningkatan ekspor tteokboki dan gochujjang, usai dirinya kerap terlihat mengkonsumsinya.
Mengutip detikFood, nggak cuma tteokbokki dan gochujjang saja yang mengalami lonjakan, tapi juga pada makanan lainnya. Seperti mie instan, pangsit (dumpling), hingga 'Jimin Coffee' juga pernah ditawarkan oleh sebuah restoran di Italia.
Tidak heran, hal ini jadi berdampak positif terhadap perekonomian negara. Para ARMY pun kerap menyebut mereka sebagai 'aset negara'. Jimin BTS juga disebut banyak mendapat pujian dari Pemerintah Korea.
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!