sign up SIGN UP

Gelisah Karena Tak Kunjung Dapat Pekerjaan? 5 Hal Ini Bisa Bantu Kamu Bebas Galau Soal Karier di 2022 Nanti

Anindya Milagsita | Beautynesia
Kamis, 30 Dec 2021 07:45 WIB
Gelisah Karena Tak Kunjung Dapat Pekerjaan? 5 Hal Ini Bisa Bantu Kamu Bebas Galau Soal Karier di 2022 Nanti
caption

Beauties, adakah di antara kamu yang tengah galau soal karier karena belum kunjung dapat pekerjaan hingga di penghujung 2021 ini? Kondisi ini tak jarang bikin kamu khawatir dan putus asa, hingga berharap bisa mendapatkannya di awal tahun depan.

Kalau kamu tengah mengalaminya, ada sederet hal yang bisa membantu kamu buat bebas dari rasa galau karena mencari kerja. Penasaran bagaimana caranya biar kamu bisa berdamai dengan keadaan saat tak kunjung mencapai tujuan selama melamar kerja?

Simak lewat artikel berikut, ya!

Selalu Ingat Kalau Kamu Tak Sendirian

Cara berdamai soal karier dengan ingat kalau tidak sendirian mengalaminya.
Cara berdamai dengan diri sendiri karena galau soal karier/freepik/racool_studio

Hal pertama yang bisa dicoba mulai sekarang adalah dengan mengingat kembali kalau kamu nggak sendirian, Beauties. Kondisi tak kunjung dapat pekerjaan dan banyaknya tekanan di sekitar, terkadang bisa bikin kamu stres hingga nggak nyaman. Tapi perlu diingat lagi, kalau kondisi itu bukan hal yang memalukan.

Ada di posisi yang tak memiliki pekerjaan, bisa dialami siapa saja. Bukan hanya kamu, tapi banyak orang lain di luar sana yang juga pernah atau bahkan tengah mengalaminya. Cobalah untuk belajar agar tak terlalu menyalahkan diri sendiri. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan yang terbaik sesuai versi kamu, Beauties. 

Belajar untuk Mengelola Ekspektasi

Cara damai dengan diri sendiri soal karier dengan mengubah ekspektasi.
Cara berdamai dengan diri sendiri karena galau soal karier/freepik/wayhomestudio

Selanjutnya, saat tengah gencar mengirimkan lamaran pekerjaan nggak jarang kamu pun berharap agar bisa mendapatkan secepatnya. Tapi kenyataannya terkadang tak sesuai kenyataan ya, Beauties. Proses rekrutmen kerja terlebih di masa pandemi seperti sekarang, seringkali membutuhkan waktu yang panjang.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mulai belajar mengelola ekspektasi tentang kondisi yang tengah dialami. Dilansir dari Vice, agar bisa mengurangi stres yang kemungkinan bisa terjadi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur keuangan yang masih ada sebaik mungkin dan menjalani hal terbaik yang bisa dilakukan saat ini. 

Cobalah Mencari Alternatif Karier Lain

Cara berdamai soal karier dengan mencari alternatif karier lain.
Cara berdamai dengan diri sendiri karena galau soal karier/freepik/

Buat kamu yang punya pengalaman kerja sebelumnya dan saat ini masih kesulitan mencari pekerjaan baru, cara ini mungkin bisa membantu, Beauties. Masih dilansir dari laman yang sama, Arthur C. Brooks selaku ilmuwan sekaligus profesor Harvard mengungkap kalau karier terbaik bukanlah yang terasa menyenangkan atau bermakna.

Pekerjaan terbaik justru yang 'menarik' dan bikin kamu ingin selalu terlibat secara konsisten untuk melakukannya secara terus menerus. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mencoba mengirimkan lamaran pekerjaan di bidang karier lain yang masih sesuai kemampuan dan potensi yang ada diri kamu. 

Mulai Tetapkan Rencana ke Depan

Berdamai sama diri sendiri soal karier dengan cara menyusun rencana ke depan.
Cara berdamai dengan diri sendiri karena galau soal karier/freepik/cookie_studio

Kondisi stres dan putus asa akibat tekanan karena tak kunjung dapat pekerjaan, nggak jarang bisa bikin seseorang merasa tak bersemangat buat beraktivitas. Dibandingkan melakukan hal itu, sebaiknya kamu berlaku sebaliknya, Beauties. Meskipun mengalami kesulitan saat mencari pekerjaan, selalu berusaha yang terbaik jadi salah satu jalan agar kamu bisa segera mendapatkannya.

Kamu bisa mengawalinya dengan menyusun rencana apa yang akan dijalani ke depannya. Terlebih di awal tahun 2022 nanti, jadi momen terbaik bagi kamu untuk bisa melakukan banyak hal.

Dikutip dari laman Very Well Mind, saat rencana A dalam proses pencarian karier gagal, kamu masih punya opsi rencana B. Begitupun seterusnya. Selain itu, kamu juga bisa menambah skill baru dengan mengikuti kelas online ataupun webinar untuk mengisi waktu luang selama masa pencarian kerja.

Biacara dengan Orang Terdekat

Cara berdamai soal karier dengan menceritakan kegalauan pada orang terdekat.
Cara berdamai dengan diri sendiri karena galau soal karier/freepik/racool_studio

Cara agar bisa berdamai dengan keadaan di masa pencarian kerja juga bisa kamu lakukan dengan bertemu bersama orang terdekat untuk saling berbagi keluh dan kesah, Beauties. Saat merasa kesulitan dan punya banyak kekhawatiran, mengobrol dengan orang kepercayaan jadi salah satu solusi untuk mengurangi stres hingga mendapatkan ketenangan.

Momen ini juga bisa membantu kamu buat melihat segala sesuatu dari perspektif lain. Mereka pun seringkali dapat memberi alternatif solusi agar membuat kamu merasa lebih baik. Cara ini sekaligus diharapkan agar kamu pun bisa memiliki harapan dari kondisi yang tengah dialami.

[Gambas:Youtube]

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id