sign up SIGN UP

Greysia Polii Pensiun dari Bulutangkis Setelah 30 Tahun Berkarya, Buktikan Perempuan Bisa Sukses di Bidang Olahraga

Meuthia Khairani | Beautynesia
Minggu, 19 Jun 2022 17:00 WIB
Greysia Polii Pensiun dari Bulutangkis Setelah 30 Tahun Berkarya, Buktikan Perempuan Bisa Sukses di Bidang Olahraga
caption

Minggu, 12/6 lalu, Greysia Polii menyatakan gantung raket atau pensiun pada acara “Testimonial Day Greysia Polii” di Istora Senayan, Jakarta.

Atlit putri kelahiran 11 Agustus 1987 itu menutup kariernya di bidang olahraga, Beauties.

Jatuh Bangun Greysia Polii di Dunia Bulutangkis

Greysia Polii pensiun dari bulutangkis Indonesia/Instagram/Greyspolii
Greysia Polii pensiun dari bulutangkis Indonesia/Instagram/greyspolii

Dilansir dari CNN Indonesia, Greysia Polii sudah memilih jalan hidup sebagai pemain bulutangkis karena sejak usia lima tahun dia sudah meminati cabang olahraga tersebut.

Dalam perjalanannya, Greysia membekali diri dengan mental juara dan rela mengorbankan waktunya untuk jauh dari orangtua serta keluarga demi berjuang menyabet medali-medali kejuaraan. 

Namun, di setiap olimpiade atau kompetisi pasti ada yang harus menang dan harus kalah, juga risiko-risiko lain yang harus diemban seorang atlit. Mendapatkan kartu hitam dan didiskualifikasi pada olimpiade di tahun 2012 adalah momen kelam yang pernah dialami Greysia Polii dan membuatnya sempat mengambil jarak serta menghapus mimpinya dari bulutangkis.

Berkat mental baja yang dimilikinya, dia kembali berjuang untuk membuktikan diri bahwa dia bisa come back stronger dan meraih kejuaraan.

Sederet Prestasi Greysia Polii

Greysia Polii pensiun dari bulutangkis Indoneisa/Instagram/greyspolii
Greysia Polii pensiun dari bulutangkis Indonesia/Instagram/greyspolii

Greysia menyandang predikat sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Selama 30 tahun berdedikasi lewat bulutangkis, Greysia sukses memborong medali emas di berbagai olimpiade, Beauties.

Dikutip dari detikBali, berikut adalah daftar prestasi Greysia Polii:

  • Juara Thailand Open (2017)
  • Juara French Open (2017)
  • Juara Thailand Open (2018)
  • Juara India Open (2018)
  • Juara India Open (2019)
  • Medali Emas SEA Games Filipina (2019)
  • Juara Thailand Open (2020)
  •  Juara Spain Masters (2020)
  • Juara Indonesia Masters (2020)
  • Medali Emas Olimpiade Tokyo (2020)
  • Juara Thailand Open (2013)
  • Juara Chinese Taipei Open (2014)
  • Medali Emas Asian Games (2014)
  • Juara Chinese Taipei Open (2015)
  • Juara Korea Open (2015)
  • Juara Singapore Open (2016)

Kata-kata Terakhir Greysia Polii Saat Pensiun

Greysia Polii pensiun dari bulutangkis Indonesia/Instagram/greyspolii
Greysia Polii pensiun dari bulutangkis Indonesia/Instagram/greyspolii

Dilansir dari detikJateng, Greysia menyatakan bahwa meskipun dirinya berhenti bertanding sebagai atlet, hatinya akan tetap mencintai bulutangkis. Dia berharap generasi selanjutnya juga mampu meraih kemenangan serta prestasi yang lebih besar lagi untuk Indonesia.

Greysia pun menutup kata sambutannya dengan kutipan yang memotivasi, "Bakat dan talenta bisa membawa kita ke puncak, tapi karakter yang akan mempertahankan itu. Karena kemenangan kita adalah kemenangan bangsa Indonesia.”

Di acara tersebut, Greysia Polii yang mulai menggeluti bulutangkis sejak berusia lima tahun dan mengakhirinya pada usia 35 tahun itu, juga mengungkapkan betapa erat kehidupannya dengan bulutangkis, Beauties.

"Darah saya bulutangkis," ujarnya.

Dikutip dari CNN Indonesia, pada acara konferensi pers Greysia Polii mengakui ada beberapa hal yang akan dirindukannya selepas pensiun dari dunia bulutangkis yang telah membesarkan namanya ini, yakni: rasa sakit dan remuk di badan setelah latihan, kehidupan asrama Pelatnas (Pemusatan Pelatihan Nasional), dan persahabatannya dengan atlet-atlet dari negara lain. 

Dukungan Masyarakat untuk Greysia Polii

Greysia Polii pensiun dari bulutangkis Indonesia/Instagram/greyspolii
Greysia Polii pensiun dari bulutangkis Indonesia/Instagram/greyspolii

Dilansir dari detikInet, Greysia Polii mengungkapkan bahwa perjalanannya meraih cita-cita itu tak lepas dari dukungan keluarga, teman-teman, dan masyarakat Indonesia. 

Acara farewell-nya itu pun dihadiri oleh ratusan pendukung setianya yang turut menyaksikan secara langsung momen Greysia Polii menggantung raketnya dengan penuh haru. Di media sosial, terlihat rasa terima kasih dan dukungan dari masyarakat untuk dedikasi Greysia Polii selama ini dengan meramaikan hashtag #TerimaKasihGreysiaPolii. Greysia Polii pensiun dengan predikat pemain terhebat yang pernah dimiliki Indonesia.

Terima kasih Greysia Polii, perempuan pebulutangkis yang telah mengharumkan nama Indonesia. Selamat memulai perjalanan baru!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id