sign up SIGN UP

Hati-hati! Virus Ini Lagi Incar Mobile Banking di Ponsel untuk Membobol Uang Kamu!

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 08 Sep 2021 15:07 WIB
Hati-hati! Virus Ini Lagi Incar Mobile Banking di Ponsel untuk Membobol Uang Kamu!
caption
Jakarta -

Saat ini transaksi apa pun akan lebih mudah juga efisien menggunakan mobile banking. Bahkan dalam satu ponsel, kini nggak cuma ada satu, tapi bisa lebih aplikasi ini. Pasalnya, tiap-tiap bank memilikinya.

Namun, ada kabar yang kurang mengenakkan nih, Beauties. Dalam laporan Kaspersky, perusahaan yang membuat produk antivirus, ada virus trojan yang mengincar mobile banking di sejumlah negara.

Dissatisfied gloomy female model looking at smartphone while browsing social media or texting sms and being disappointed, standing over blue background. Woman trying to call but there is no signalIlustrasi smartphone terkena virus. Hati-hati./ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Mengutip dari laman CNBC Indonesia, General Manager Kaspersky Asia Tenggara, mengungkap bahwa kondisi pandemi yang kini masuk tahun kedua memang membuat pembayaran lewat seluler secara cepat. Asia Tenggara terhitung lebih banyak dari sebelumnya.

"Sejak awal krisis kesehatan ini, survei kami menunjukkan bahwa mayoritas pengguna internet di wilayah ini telah mengalihkan aktivitas keuangan mereka secara online, seperti berbelanja (64%) dan perbankan (47%)," jelasnya, dikutip Rabu (8/9).

Yeo menambahkan, masyarakat Asia Tenggara pun punya kesadaran cukup baik soal risiko dan keamanan ketika mereka melakukan transaksi perbankan dan pembayaran.

Bagaimana dengan di Indonesia? Indonesia dikatakan punya sejumlah insiden trojan mobile banking terbanyak selama semester satu di tahun 2021. Adapun status ini sama dengan Vietnam.

Meski begitu, Indonesia dan Vietnam nggak masuk dalam 10 besar negara yang terdampak dari trojan tersebut. Asia tenggara terhitung masih rendah akan ancaman ini, tetapi kita tetap tak boleh lengah karena ada peningkatan dari April ke Juni.

Kiat Tingkatkan Keamanan

Terus menerus mengecek ponselIlustrasi mengecek ponsel. /foto: freepik.com

Karenanya, kamu perlu meningkatkan keamanan finansial secara online. Di antaranya gunakan password kuat dan berbeda di tiap akun online, pakai VPN terlebih kalau kamu lagi belanja pakai WiFi publik, lalu gunakan email khusus untuk transaksi belanja online.

Selain itu, gunakan satu perangkat khusus untuk transaksi online, hindari pakai komputer. Agar komputer kamu tetap aman dari virus.


Our Sister Site

mommyasia.id