sign up SIGN UP

Hidup Tenang Tanpa Cekikan Pinjaman Online, Ini 5 Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Kebobolan

Phanie Fauziah | Beautynesia
Senin, 16 Aug 2021 20:00 WIB
Hidup Tenang Tanpa Cekikan Pinjaman Online, Ini 5 Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Kebobolan
caption

Memiliki gaji yang tidak terlalu besar tentunya menjadi pressure tersendiri bagi kita. Apalagi jika kita sudah berumahtangga banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Saat ini, seringkali lingkungan memengaruhi gaya hidup kita. Kebutuhan bahkan tidak menjadi dasar karena dikuasai oleh keinginan sehingga kita pun mengambil jalan pintas dengan pinjaman online.

Menggiurkan memang, cara mudah mendapatkan uang atau tambahan dana dengan cepat. Tapi, saat ingin melepaskannya jangan harap kita bisa menghindarinya. Bunga pinjaman yang berlipat-lipat tentunya akan menghantui kita.

5 Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Kebobolan

Berpikirlah sebelum bertindak, ukur kemampuan kita sebelum meminjam dana pada pinjol, tentunya mulai dari perlu atau tidaknya kita meminjam dana hingga kemampuan untuk membayar cicilan serta bunganya.

Nah, agar kita tidak terjerat pinjol atau pinjaman online ini, pelajari cara mengatur keuangan agar tidak kebobolan. Seperti dilansir dari Detik Finance, berikut strategi tanpa berhutang meskipun gaji kita pas-pasan.

1. Atur Anggaran

Mengatur anggaran
Mengatur Anggaran Agar Tidak Terjerat Pinjol/Pexels/Pixabay

Hal paling penting jika kita ingin mengatur keuangan dengan baik adalah dengan mengatur anggaran. Cara mengatur anggaran dengan mempertimbangkan, menghitung, dan menyusun. Belajarlah dari pengeluaran setiap bulannya, sortir mana yang kita butuhkan dan mana yang hanya sebatas kita inginkan dan masih bisa kita tunda untuk dibeli.

Jangan mendahulukan ego dengan membeli keinginan dan mengesampingkan kebutuhan. Kesadaran dalam mengatur keuangan perlu kita miliki, seimbangkan dengan gaji atau pemasukan.

2. Menabung

Menabung
Menabung Agar Tidak Terjerat Pinjol/Pexels/Maitree Rimthong

Besar atau kecilnya gaji kita, biasakan menyisihkan uang dari gaji kita untuk menabung. Sedikit ataupun banyak, kebiasaan menabung ini akan membuat anggaran keuangan kita tertata dengan baik.

Tidak ada salahnya menaruh impian pada uang yang kita tabungkan, dengan begitu kita akan mengatur anggaran dengan ketat dan lebih bertanggung jawab pada uang yang kita hasilkan dari kerja keras demi tercapainya impian yang sudah diharapkan.

3. Rekening Terpisah

Embuat rekening terpisah
Rekening Terpisah untuk Mengatur Keuangan/Pexels/RODNAE Pro

Usahakan untuk tidak menyatukan gaji dan tabungan di rekening yang sama. Hal ini justru akan membuat anggaran menjadi berantakan. Kita jadi tidak bisa mengontrol diri dalam memakai uang.

4. Alokasikan dengan Tepat

Mengalokasikan Dana
Alokasikan dengan Tepat Saat Mengatur Keuangan/Pexels/nappy/

Menyisihkan bukan menyisakan, pentingnya mengatur anggaran yaitu dengan pengalokasian dana dengan tepat. Jika perlu, catat secara rinci pemasukkan serta pengeluaran dengan rapi. Nah, Beauties jika sudah membuat anggaran kita tinggal mengalokasikannya dengan tepat.

5. Persiapkan Dana Darurat

Dana Darurat
Mempersiapkan Dana Darurat/Pexels/Andrea Piacquadio

Menyisihkan untuk anggaran yang sudah terencana berbeda dengan mempersiapkan dana untuk hal yang darurat. Hal ini bisa mencegah kita terjerat dengan pinjaman online.

So, Beauties jika kita tidak ingin terjerat dengan pinjaman online. Ikuti kelima cara mengatur keuangan pribadi di atas ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id