STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Hobi Main Musik? Ini 4 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan

Lifia Mawaddah Putri | Beautynesia
Minggu, 06 Dec 2020 09:00 WIB
Hobi Main Musik? Ini 4 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan

Bermain atau mendengarkan musik terkadang menjadi kegiatan pelepas penat yang menyenangkan. Tapi ternyata, bermain alat musik bukan hanya bisa membuat suasana hati menjadi gembira lho, Beautynesian.

Nah berikut ini Beautynesia.id sudah merangkum 4 manfaat yang kamu dapatkan saat bermain alat musik. Yuk simak apa saja manfaatnya di bawah ini!

Meningkatkan Kemampuan Otak

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan saat mendengarkan atau bermain alat musik adalah peningkatan kemampuan otak.
Bermain Musik/freepik.com

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan saat mendengarkan atau bermain alat musik adalah peningkatan kemampuan otak. Sebab dalam otak, musik disimpan di sebuah area khusus yang terletak pada sistem limbik.

Sistem limbik adalah bagian-bagian orak tertentu yang berhubungan dengan emosi, perilaku, memori jangka panjang dan lainnya. Hal inilah yang menjadi alasan musik mampu meningkatkan fungsi kognitif otak.

Membuat Cerdas

Masih bersinggungan dengan poin pertama, musik juga mampu meningkatkan kecerdasan seseorang lho.
Bermain Musik/freepik.com

Masih bersinggungan dengan poin pertama, musik juga mampu meningkatkan kecerdasan seseorang lho. Sebab, musik bisa memberikan rangsangan pada otak sehingga seluruh jaringan otak akan menjadi aktif.

Bukan hanya itu saja, orang yang pandai bermain musik pun dikenal memiliki keseimbangan otak. Misalnya saja saat kamu bermain gitar, tangan kirimu akan menekan kunci gitar sedangkan tangan kananmu akan memetik senar gitar. Kemudian, mulutmu akan bernyanyi lagu yang kamu ingin nyanyikan.

Tentunya untuk melakukan semua ini secara bersamaan, perlu adanya keseimbangan pada otak.

Meningkatkan Kemampuan Indra

Mungkin kamu berpikir bahwa bermain alat musik hanya mampu meningkatkan beberapa indra manusia. Tapi faktanya, musik bisa meningkatkan kemampuan seluruh indra.
Bermain Musik/freepik.com

Mungkin kamu berpikir bahwa bermain alat musik hanya mampu meningkatkan beberapa indra manusia. Tapi faktanya, musik bisa meningkatkan kemampuan seluruh indra. Misalnya saat kamu memainkan piano klasik.

Tanganmu akan bergerak sesuai dengan irama yang ingin kamu mainkan, kaki menginjak pedal, mata terfokus pada not yang harus kamu mainkan, serta mulut akan bernyanyi. Nah, jika seluruh indramu sudah terlatih dengan baik, hal ini bisa meningkatkan daya ingat menjadi lebih kuat dan cepat lho, Beautynesian.

Melatih Disiplin

Bermain musik bukan hanya berpengaruh terhadap kecerdasan saja. Bahkan, kegiatan menyenangkan ini pun mampu melatih kedisiplinan pada diri seseorang.
Bermain Musik/freepik.com

Bermain musik bukan hanya berpengaruh terhadap kecerdasan saja. Bahkan, kegiatan menyenangkan ini pun mampu melatih kedisiplinan pada diri seseorang. Sebab untuk dapat menguasai sebuah alat musik, umumnya seseorang membutuhkan proses yang memakan waktu.

Oleh sebab itu, dibutuhkan ketekunan dan kesabaran saat berlatih alat musik. Nah, ketekunan inilah yang akhirnya dapat melatih kedisiplinan pada diri kita.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.