sign up SIGN UP

Hukum Memperbesar Payudara Dalam Islam

Adinda Tami | Beautynesia
Senin, 21 Oct 2019 12:30 WIB
Hukum Memperbesar Payudara Dalam Islam
caption
Memperbesar payudara telah banyak dilakukan oleh perempuan sehingga membuatnya menjadi sesuatu yang lumrah. Namun bagaimana ya Islam memandang hal tersebut?

Payudara merupakan salah satu bagian tubuh wanita yang kesehatan dan kebersihannya sangat diperhatikan oleh pemiliknya. Tak kalah penting dari wajah, payudara pun memiliki treatment yang bisa dilakukan. Seperti masker payudara dan pijat payudara.

Ukuran payudara yang besar menjadi dambaan sebagian wanita. Ada yang menganggap ukuran payudara yang besar bisa menambah daya tariknya di hadapan pria. Sehingga hal ini bisa menambah rasa percaya diri. Meskipun ada pula yang lebih menyukai payudara dengan ukuran kecil.


Foto: Istimewa
Ada yang secara genetik terlahir dengan payudara besar, namun tak sedikit perempuan yang kecewa dengan ukuran payudara mereka yang kecil. Sebenarnya bentuk dan ukuran payudara bisa berubah seiring dengan bertambahnya usia wanita tersebut. Selain usia dan genetik beberapa hal bisa menjadi penentu ukuran payudara wanita.

Sebagai contoh, perubahan hormon yang terjadi sebelum wanita haid yang bisa menyebabkan ukuran payudara bertambah besar. Selain disebabkan oleh siklus bulanan tubuh seperti haid, proses kehamilan dan melahirkan pun turut menjadi faktor penyebab ukuran payudara wanita berubah.

Memperbesar ukuran payudara sendiri bisa dilakukan dengan cara alami maupun melalui tindakan profesional dengan operasi plastik. Bagaimanakah hukum Islam terhadap pembesaran payudara melalui operasi plastik?
Foto: Istimewa
Seperti yang telah disebutkan di atas, cara memperbesar payudara sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak cara. Seperti menggunakan ramuan herbal tertentu yang dipercaya dapat memperbesar ukuran payudara. Namun ada pula yang memanfaatkan kecanggihan teknologi yaitu melalui proses operasi plastik dengan memasang silikon di dalam payudara.
Foto: Istimewa

Menurut Ustaz Fauzan Amin, salah seorang pengurus Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) sekaligus yang mengetuai Ikatan Sarjana Quran Hadits Indonesia,  hukum Islam sendiri sebenarnya melarang manusia mengubah bentuk tubuh, termasuk dengan memperbesar ukuran payudara. Namun lebih spesifik diungkapkan, jika niatnya dilakukan untuk menyenangkan hati suami sebenarnya boleh saja dilakukan. Asal hal tersebut tidak membahayakan tubuh.

"Mengubah sebagian atau seluruh tubuh kita (ciptaan Allah) adalah haram, akan tetapi jika niat seorang istri untuk menyenangkan suami, maka hukumnya boleh-boleh saja dengan catatan cara yang digunakan tidak membahayakan dirinya. Boleh dengan minum obat-obatan herbal, tidak dengan melakukan operasi untuk memperbesar payudara karena hal itu jelas-jelas dilarang syariat," ungkap ustaz Fauzan Amin.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id