STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Ikuti 6 Cara Sehat Ini untuk Mengalihkan Amarah

Intan Dwi | Beautynesia
Senin, 30 Mar 2020 11:00 WIB
Ikuti 6 Cara Sehat Ini untuk Mengalihkan Amarah
Rasa marah yang timbul saat merasa terganggu merupakan respon yang normal. Tetapi terkadang amarah yang timbul dari dalam diri kita sulit dikendalikan dan mengganggu orang-orang sekitar.

Membiarkan amarah meledak itu bisa melukai perasaan seseorang dan merusak hubungan pribadi kamu dengan orang lain. Tapi jika hal tersebut dipendam dan ditahan terus-menerus itu akan membuat tekanan darah tinggi dan membuat kecemasan yang berlebih. Buat kamu yang susah mengalihkan rasa amarah kamu, jangan khawatir!  Pada tahun 2010 ada sebuah studi yang menemukan cara untuk mengalihkan dan mengekspresikan marah kamu dengan cara yang sehat. Seperti apa sih?



 


Gerakan Tubuh Secara Sadar


Foto: Istimewa

Dengan menggerakan tubuh secara sadar seperti yoga atau latihan menenangkan lainnya itu dapat melepaskan ketegangan otot kamu. Sedangkan, jika duduk terdiam terus akan membuat kamu merasa lebih cemas dan gelisah. Salah satu cara melepaskan marah, lebih baik kamu berjalan-jalan atau menari ringan agar kamu dijauhkan dari stres.
 


Ekspresikan Rasa Marah


Foto: Istimewa

Memang meledakan rasa marah kamu itu malah tidak membantu kamu, tapi hal itu bukan berarti kamu enggak bisa melampiaskannya. Kamu boleh saja melampiaskan rasa marah kamu ke keluarga, teman atau orang terpercaya kamu. Selain itu, kamu bisa meluapkan kemarahan dengan memberikan ruang untuk diri kamu sendiri.
 


Fokus Pada Hal Baik yang Sudah Dilakukan


Foto: Istimewa

Memikirkan suatu hal yang merusak hari kamu memang hal yang wajar, tapi jelas itu tidak akan membantu kamu untuk meredakan amarah. Lebih baik untuk memikirkan sesuatu yang berjalan dengan baik pada hari itu. Dengan begitu pemikiran kamu jadi lebih rileks dan segar.
 


Ambil Nafas Dalam-Dalam


Foto: Istimewa

Mengatur pernapasan saat rasa marah sedang meledak bisa menjadi solusi yang baik. Mengambil nafas perlahan dan kontrol apa yang kamu hirup dari dalam perut. Dengan cara ini memungkinkan tubuh kamu untuk langsung menenangkan diri kamu.
 


Ketahui Pemicu dan Cari Cara untuk Mengatasi


Foto: Istimewa

Jika lingkungan pekerjaan kamu menjadi satu pemicu timbulnya rasa marah dan frustasi kamu, seperti rekan kerja yang berisik. Cobalah mencari cara untuk menghindari hal itu, seperti gunakan headphone dan dengarkan lagu untuk menenangkan diri. Dengan begitu kamu bisa menunjukkan dengan tepat dan memahami hal-hal yang memicu kemarahan kamu. Setelah menyadari dan memahaminya, kamu pun bisa mengambil langkah untuk menghindarinya. 
 


Carilah Pertolongan


Foto: Istimewa

Saat suasana hati yang buruk atau amarah muncul dan tidak dapat mengontrol diri kamu sendiri. Sebaiknya mencari pertolongan untuk membantu kamu meredakan amarah, karena mau bagaimana pun pasti kamu akan merasa kewalahan oleh amarah diri kamu sendiri. Jika amarah kamu juga memengaruhi hubungan dan ketenangan, kamu bisa pergi ke terapis yang berkualitas untuk membantu kamu dalam mencari cara untuk mengatasi hal ini.


(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE