sign up SIGN UP

Indonesia Tambah 'Anggota Keluarga', Ini Ibu Kota 3 Provinsi Baru yang Ada di Papua

Tim Redaksi CNN | Beautynesia
Kamis, 30 Jun 2022 08:45 WIB
Indonesia Tambah 'Anggota Keluarga', Ini Ibu Kota 3 Provinsi Baru yang Ada di Papua
caption
Jakarta -

Tiga provinsi baru di Papua telah ditetapkan oleh Panitia Kerja RUU Daerah Otonomi Baru (BOD) Papua di DPR. Ibu kota tersebut adalah Kabupaten Merauke untuk Provinsi Papua Selatan, Kabupaten Nabire untuk Provinsi Papua Tengah, dan Kabupaten Jayawijaya untuk Provinsi Papua Pegunungan.

Di samping itu, DPR juga sudah menyepakati wilayah cakupan tiga provinsi baru yang meliputi Papua Selatan mencakup Kabupaten Merauke, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi, dan Kabupaten Asmat.

"Pada tanggal 27 Juni 2022, panja memutuskan ibu kota provinsi masing-masing dalam RUU pembentukan daerah provinsi di Papua," jelas Jujimart Girsang, Ketua Panja RUU DOB Papua di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dikutip dari CNN Indonesia.

Ilustrasi Papua.Ilustrasi Papua. / Foto: Getty Images/ANDREYGUDKOV

Lebih lanjut, provinsi Papua Tengah mencakup Kabupaten Nabire, Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Puncak, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Intan Jaya, dan Kabupaten Deian.

Kemudian, ada Provinsi Papua Pegunungan mencakup Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Lani Jaya, dan Kabupaten Nduga.

Terjadi Perdebatan

Suku di Papua.Suku di Papua. / Foto: Getty Images/USO

Dalam upaya penambahan 'anggota keluarga' ini tidak semulus yang dibayangkan. Sempat terjadi perdebatan dalam penentuan ibu kota Provinsi Papua Tengah.

Menurut Ahmad Doli Kurnia, Ketua Komisi II DPR, perdebatan ini tampak dari pendapat bupati di delapan kabupaten Papua Tengah. Dari delapan kabupaten yang ada di Papua Tengah, ada enam kabupaten yang sepakat menjadikan Nabire sebagai ibu kota. Sedangkan dua lainnya memilih Mimika.

Keindahan alam Raja Ampat.Keindahan alam Papua./ Foto: Getty Images/iStockphoto/LuffyKun

"Ada sebagian yang mendukung Nabire, itu didukung oleh enam bupati dari delapan itu, kemudian Mimika didukung enam bupati. Nah waktu itu kami sampaikan, kami sudah putuskan di Nabire dengan berbagai pertimbangan," katanya.

Pertimbangan Memilih Nabire

Pemilihan Nabire sebagai ibu kota Papua Tengah tentu bukan tanpa alasan. Doli memiliki pertimbangan untuk hal ini. Simak alasan selengkapnya di SINI, ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id