STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Ingin Menghemat Biaya Akomodasi saat Liburan? Coba Cara Ini Agar Pengeluaranmu Tidak Bengkak

Shinta Nikmah | Beautynesia
Minggu, 23 Jan 2022 10:30 WIB
Ingin Menghemat Biaya Akomodasi saat Liburan? Coba Cara Ini Agar Pengeluaranmu Tidak Bengkak

'Liburan adalah kebutuhan'.

Kamu tentu cukup sepaham dengan pernyataan tersebut. Tak heran kamu berusaha meluangkan waktu dari aktivitas sibukmu agar bisa berlibur. Tak hanya itu, kamu juga berusaha menyisihkan uang dari gaji, agar bisa terkumpul dan cukup untuk berlibur ke tempat impian.

Ada banyak akomodasi yang mungkin sudah kamu booking untuk melengkapi liburanmu. Meski semua sudah diperhitungkan, kamu tetap bisa menghemat akomodasi dengan berbagai cara agar kamu tidak mendadak bangkrut selepas pergi liburan. Apa saja yang bisa kamu lakukan?

Perhatikan Lokasi Akomodasi yang Dipilih

Perhatikan lokasi akomodasi
Perhatikan lokasi akomodasi/ Foto: freepik.com/pressfoto

Sebelum memutuskan untuk memilih hotel, ada baiknya kamu memperhatikan jarak dari hotel ke tempat tujuan wisata. Seperti yang dilansir dari laman The World Pursuit, sebuah hotel yang murah tidak sepenuhnya murah jika kamu harus naik taksi atau angkutan umum untuk menjangkau tempat lain. Sementara jika kamu memilih akomodasi terdekat dengan tujuan wisata misalnya, bisa jadi kamu harus merogoh kocek lebih dalam. 

Solusinya, kamu perlu lebih teliti lagi dan takes time untuk membandingkan tempat yang satu dengan yang lain, dalam memilih lokasi menginap dengan memerhatikan aksesibilitas ke tempat tujuan dan perhatikan juga harga sewa dari akomodasi tersebut.

Skip Layanan Sarapan di Hotel

Sarapan
Sarapan/ Foto: freepik.com/jcomp

Banyak hotel yang menawarkan tambahan fasilitas berupa sarapan di hotel. Namun biasanya sarapan di hotel akan men-charge biaya menginap dengan nominal yang cukup lumayan. 

Apabila kamu tidak terburu-buru dan ingin berhemat, maka kamu bisa mencari alternatif sarapan di luar hotel. Dengan begitu, kamu akan lebih menghemat biaya akomodasi dan mengalihkannya untuk kebutuhan lain seperti membeli camilan atau tambahan uang bensin.

Gunakan Aplikasi dan Manfaatkan Promo

Voucher diskon
Voucher diskon/ Foto: freepik.com/rawpixel.com

Terkini, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk booking akomodasi seperti hotel atau transportasi. Kamu bisa dengan mudah cek harga dan waktu booking dari jauh-jauh hari.

Aplikasi-aplikasi tersebut juga penuh dengan promo dan voucher yang bisa kamu manfaatkan untuk menghemat anggaran perjalanan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membandingkan akomodasi satu dengan yang lain untuk mendapat harga terbaik.

Ubah Akomodasi saat Perjalanan

Mengubah akomodasi
Mengubah akomodasi/ Foto: freepik.com/freepik

Berniat mengunjungi lebih dari satu kota saat liburan? Ada baiknya kamu mengubah akomodasi dalam perjalanan jika diperlukan. Sejalan dengan yang diungkapkan oleh Life Savvy, kamu perlu fleksibel ketika melakukan perjalanan, dengan demikian kamu akan lebih banyak opsi dan cara untuk menghemat uang.

Cara sederhana yang bisa dicontoh, kamu bisa memesan layanan hotel pada saat last minute di mana pada waktu tersebut, harga menginap bisa relatif lebih murah dari harga normal. Cara lain, jika dirasa lebih hemat, kamu bisa memilih rental mobil daripada menghabiskan uang untuk membayar transportasi umum.

Manfaatkan Free Cancelation dan Refund

Liburan tertunda
Liburan tertunda/ Foto: freepik.com/freepik

Rencana liburanmu bisa saja meleset dari jadwal yang sudah kamu buat karena suatu hal. Untuk itu, dari awal kamu perlu mencari akomodasi dengan fitur free cancelation, sehingga tidak akan membuat uangmu terbuang sia-sia.

Manfaatkan juga fasilitas refund dari hotel yang kamu booking. Jika memang kamu tidak jadi liburan, maka uangmu akan kembali dan bisa digunakan untuk booking akomodasi di waktu selanjutnya.

Sudah tahu cara berhemat saat liburan bukan? Selamat berlibur dan jangan lupa bersenang-senang, Beauties.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE