STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Ini 4 Dampak Jika Suka Membandingkan Pekerjaan dengan Orang Lain, Hindari Ya!

Ruhil Anadiah Sabrina | Beautynesia
Sabtu, 22 May 2021 07:30 WIB
Ini 4 Dampak Jika Suka Membandingkan Pekerjaan dengan Orang Lain, Hindari Ya!

Saat melihat karier orang lain lebih sukses, kadang muncul perasaan iri dan membandingkan dengan pekerjaan kita. Entah itu membandingkan jabatan, gaji yang diperoleh, hingga pencapaian. Padahal membanding-bandingkan pekerjaan dengan orang lain tidak ada manfaatnya sama sekali, dan hanya membuat kita jadi tambah insecure. Nah, berikut dampak buruk jika suka membanding-bandingkan karier dengan orang lain. 

1. Jadi merasa insecure terhadap pekerjaan orang lain

wanita sedang capek kerja
wanita sedang capek kerja/pexels.com

Dampak pertama jika suka membanding-bandingkan karier dengan orang lain yaitu, hanya membuat kita jadi tambah insecure. Kita jadi merasa rendah diri terhadap orang lain, menganggap pekerjaan kita tidak lebih baik dari mereka, dan lainnya. Perasaan inilah yang bisa membunuh harapan kita untuk berkembang.

Oleh karena itu fokus saja terhadap karier sendiri supaya energimu tidak terbuang percuma. So, hilangkan perasaan insecure tersebut ya, apa pun pekerjaanmu sekarang jadilah yang terbaik. 

2. Membuatmu jadi tidak fokus dalam bekerja

wanita bekerja
wanita bekerja/pexels.com

Dampak selanjutnya yaitu membuat kita jadi tidak fokus dalam bekerja. Bagaimana bisa fokus kalau kerjaanmu cuma ngurusin orang lain, sibuk bandingin karier sana-sini, dan melihat pencapaian orang. Hal itu hanya membuatmu jadi hilang konsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Sehingga pekerjaan bukannya cepat selesai dan beres, malah tambah melebar ke mana-mana. Oleh karena itu berhenti untuk membandingkan pencapaianmu dengan orang lain ya. 

3. Tidak membuatmu bersyukur

tidak besyukur
tidak besyukur/@pexels.com

Poin selanjutnya jika suka membanding-bandingkan pekerjaan dengan orang lain yaitu, jadi membuatmu tidak bersyukur terhadap pekerjaanmu sekarang. Apa pun pekerjaan yang kamu geluti saat ini syukurilah. Bersyukur masih punya pekerjaan yang layak, bersyukur masih bisa menghasilkan pendapatan yang tetap setiap bulannya, di tengah sulitnya keadaan sekarang. Bandingkan di luar sana masih banyak orang yang kehidupannya tidak seberuntung kamu, mereka yang masih sulit mencari pekerjaan, dan ketidakberuntungan yang lain.

4. Membuatmu sulit untuk berkembang

sulit berkembang
sulit berkembang/pexels.com

Kamu sadar gak sih jika waktumu hanya dihabiskan untuk membanding-bandingkan orang lain akan banyak kesempatan yang terbuang percuma. Waktu yang harusnya bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan skill dan mengasah kemampuan, malah terbuang  untuk mengurusi karier orang lain. Ingat terlalu fokus mengurusi hidup orang, hanya akan menghambat perkembangan kariermu. Jadi, fokus saja pada diri sendiri, asah kemampuan atau skill baru, dan usaha yang lain.

Itulah ladies empat dampak jika suka membanding-bandingkan karier dengan orang lain. Jadi, mulai sekarang hindari ya!  

(mel/mel)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE