STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Ini 5 Alasan dari Pelukan yang Bisa Buat Dirimu Tenang

Penny Fatikasari | Beautynesia
Selasa, 22 Oct 2019 04:30 WIB
Ini 5 Alasan dari Pelukan yang Bisa Buat Dirimu Tenang
Dekapan akan pelukan hangat dari seseorang dapat memberikan rasa tenang dan nyaman pada diri kita. Ya, tak dapat dipungkiri sentuhan kasih sayang ini justru membuat dirimu lebih rileks dan tenang, lho! Berpelukan bisa dilakukan dengan siapa saja, baik keluarga, sahabat, orang terkasih bahkan hewan peliharaan kesayangan.

1. Menghilangkan Stres


Foto: Istimewa

Tahukah kamu, berpelukan juga dapat menghilangkan rasa stres, lho. Hal ini dipercaya sejak lama, karena dengan sentuhan dan dekapan yang kuat baik dari orang yang memeluk dan dipeluk, dapat menghilangkan rasa stres yang dialaminya. Selain itu, mood seseorang dapat kembali jauh lebih baik, hal ini dikarenakan pelukan dapat memicu otak untuk melepaskan serotin dan endorfin ketika seseorang tersebut mengalami rasa depresi dan kesepian.
 


2. Mengatasi Rasa Takut dan Cemas


Foto: Istimewa

Pernahkah kamu merasa takut, cemas bahkan khawatir yang berlebihan? Saat kita merasakan hal tersebut, jantung kita terasa berdebar kencang. Hal ini bisa saja terjadi karena berbagai faktor. Contohnya saja ketika seorang anak mendengar suara petir yang menggelegar, tiba-tiba sang anak berlari kearah orang tuanya (orang yang ia sayangi), hal ini karena otak si anak merespon bahwa orang tua lah yang dipercaya sebagai tempat aman dan pemberi rasa tenang. Dengan refleks sang anak langsung memeluk orang tua nya, begitu pula orang tua si anak sebaliknya. Pelukan dan usapan lembut orang tua kepada anaknya akan memberikan rasa tenang dan aman.
 


3. Sebagai Bentuk Komunikasi


Foto: Istimewa

Menurut penelitian, ternyata berpelukan juga merupakan sebagai sarana untuk berkomunikasi, lho? Apakah benar demikian? Ya, komunikasi begitu luas ruang lingkupnya, ada komunikasi verbal dan non verbal, komunikasi personal dan interpersonal. Sentuhan dan pelukkan dapat mengeskpresikan emosi seseorang entah itu marah, senang, sedih, bahagia, dan sebagainya.

Pelukkan juga dipercaya sebagai salah satu alternatif komunikasi  yang dapat menciptakan rasa tenang dan nyaman. Misalkan saja, kamu dan sahabatmu saling curhat tentang masalah yang kamu hadapi tentunya sahabatmu akan memberikan respon dan simpati dari masalahmu tersebut, tak hanya itu kalian pun akan merasakan hal paling sensitif hingga terbawa perasaan dan menangis kemudian sahabatmu akan refleks memberikan pelukkan hangat untuk menenangkan dirimu sebagai bentuk komunikasi nya bahwa ia sangat menyayangimu dan peduli akan masalahmu.
 


4. Ungkapan Rasa Cinta Kasih


Foto: Istimewa

Saat kata-kata tak sanggup lagi untuk mewakili emosi dalam sebuah situasi, pelukan bisa menjadi media untuk mengungkapkan perasan kepada pasangan maupun orang yang kamu sayangi. Sudah siap memulai pelukan lembut penuh cinta hari ini?
 


5. Memberikan Rasa Bahagia yang Tak Terhingga


Foto: Istimewa

Ya, tak dapat dipungkiri, pelukan memberikan sejuta makna. Sederhana memang, tetapi dampak dari sebuah pelukan bisa membuat seseorang lebih bahagia. Hal ini terbukti dari peningkatan kadar serotonin saat seseorang mendapatkan pelukan dari orang terkasih. Saat kamu memberikan tanda kasih ini, pasangan juga akan merasa hal ini penting dan berdampak positif bagi hubungan.
 


(ags/ags)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE