sign up SIGN UP

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Gunakan GB Whatsapp, Beneran Bisa Bikin Akun Diblokir Permanen?

Ersa Monica | Beautynesia
Kamis, 19 Aug 2021 14:00 WIB
Inilah Kelebihan dan Kekurangan Gunakan GB Whatsapp, Beneran Bisa Bikin Akun Diblokir Permanen?
caption

Banyaknya pengguna WhatsApp di dunia membuat sejumlah pengembang aplikasi membuat WhatsApp yang dimodifikasi (MOD). WhatsApp modifikasi merupakan aplikasi WhatsApp ilegal yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Fitur-fitur yang tidak ada di WhatsApp resmi dapat kita temukan di WhatsApp modifikasi ini.

WhatsApp/Foto: pexels.comWhatsApp/Foto: pexels.com/ Foto: Ersa Monica

Hingga saat ini telah ada sekitar 10 aplikasi WhatsApp modifikasi yang beredar, salah satunya bernama GB WhatsApp. Aplikasi ini cukup banyak digunakan karena menawarkan fitur-fitur yang menarik pengguna.

Di balik fitur-fitur menarik yang ditawarkan, rupanya terdapat bahaya yang mungkin mungkin muncul ketika kita menggunakannya. Untuk mengetahui tentang lebih detail, yuk simak kelebihan dan kekurangan menggunakan GB WhatsApp.

Kelebihan GB WhatsApp

Kelebihan GB WhatsApp/Foto: freepik.com
Kelebihan GB WhatsApp/Foto: freepik.com

1. Tidak Terlihat Online

Pengguna GB WhatsApp tidak akan terlihat online meskipun sedang membuka aplikasinya. Saat sedang mengetik pesan pun orang lain tidak akan mengetahui karena dalam kolom obrolannya tidak ada tulisan sedang mengetik.

2. Tidak Terlihat Membaca Pesan

Ketika kita menggunakan GB WhatsApp, orang lain tidak akan mengetahui bahwa kita sudah membaca pesannya. Pengirim pesan akan tetap melihat centang abu-abu meskipun pesan tersebut telah kita baca.

3. Melihat Pesan dan Status yang Telah Dihapus

Sebagaimana diketahui, WhatsApp resmi memiliki fitur untuk menghapus pesan yang sudah dikirim. Ketika pesan dihapus, orang lain tidak bisa membaca isi pesan tersebut. Dengan menggunakan GB WhatsApp, kita tetap bisa membaca pesan yang sudah dihapus.

Sama halnya dengan hal di atas, pengguna GB WhatsApp juga bisa melihat status yang telah dihapus oleh pengirimnya. Tak hanya itu, kita juga dapat mengirim balasan pada statusnya.

4. Mengubah Tema WhatsApp

Fitur menarik lainnya yang dapat didapatkan saat menggunakan GB WhatsApp yaitu kita dapat mengubah tema sepuasnya. Aplikasi ini menyediakan beragam tema mulai dari gambar yang lucu hingga dark mode.

Kekurangan GB WhatsApp

Kekurangan GB WhatsApp/Foto: freepik.com
Kekurangan GB WhatsApp/Foto: freepik.com

1. Kemungkinan Diblokir

Pihak aplikasi WhatsApp resmi tak segan memblokir pengguna GB WhatsApp. Pada tahun 2019 lalu, pihaknya sempat memblokir akun para pengguna GB WhatsApp. Pengguna WhatsApp modifikasi didorong untuk beralih ke aplikasi asli, apabila tidak segera beralih maka kemungkinan akunnya akan diblokir secara permanen.

2. Tidak Aman Bagi Perangkat

Dikutip dari CNN Indonesia, Internet Research Institute menyatakan bahwa perangkat yang menggunakan aplikasi WhatsApp modifikasi rentan terhadap malware dan spyware. Hal itu tentunya akan membahayakan perangkat dan data pengguna.

3. Pesan Tidak Terenkripsi

Jika pada WhatsApp resmi sudah dilengkapi sistem keamanan end-to-end encryption yang membuat percakapan terlindungi dari pihak lain, GB WhatsApp belum menggunakan sistem keamanan tersebut. Aplikasi pesan yang belum terenkripsi berpotensi dapat membuat data pengguna dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Sulit Mendapat Pembaruan

GB WhatsApp tidak tersedia di Play Store sehingga penggunanya perlu mencari link terpercaya untuk memperbarui aplikasi tersebut. Pengguna harus waspada agar tautan yang diklik tidak berisi malware.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id