Jangan Asal Tulis! Berikut Formula Copywriting Pemula untuk Bisnis Online
Menulis caption penjualan suatu barang secara efektif di media sosial tidak semudah hanya mencantumkan informasi fitur, manfaat, harga, dan cara pembelian. Lalu, bagaimana kiat untuk meningkatkan viewers engagement dan pembeli?
Copywriting adalah teknik menulis teks untuk meningkatkan konversi penjualan atau pemasaran secara drastis. Copy di sini berbeda, ya, dengan copy yang artinya salin. Kata copy writing merujuk pada penggunaan zaman dulu, di mana media pemasaran hanya berupa tulisan. Saat ini, kamu bisa menggunakan media pemasaran berbentuk gambar, video, dan audio melalui online shop, media sosial maupun aplikasi messanger.
Copywriting yang baik bisa secara signifikan membatu meningkatkan penjualan atau konversi, loh! Makanya, bagi Ladies pegiat bisnis online, yuk, pahami tips dan basic formula copywriting berikut ini!
1. Tentukan Buyer Persona
![]() Tentukan buyer persona/Foto: Pexels |
Kamu tidak bisa menjual produk kepada semua orang, sebab setiap orang memiliki selera, kelas, dan permasalahan yang berbeda. Itulah mengapa kamu perlu menentukan buyer persona, yaitu perwakilan rata-rata dari siapa yang paling mungkin untuk membeli produkmu, atau dengan kata lain, pelanggan idealmu.
Contohnya, nih, kalau kamu menjual produk daily muslim wear, maka kamu harus menimbang, siapakah yang biasanya membeli produkmu? Ketahui buyer persona-mu dengan membuat spesifikasi berdasarkan jenis kelamin, umur, status, pekerjaan, permasalahan utama mereka, dan solusi yang bisa kamu berikan.
2. Atur Mindset menjadi Customer Oriented
![]() Atur mindset menjadi consumer oriented/Foto: Pexels |
Sebagai seorang copywriter, kamu harus mengetahui dan menyediakan informasi tentang hal yang paling dibutuhkan maupun yang menjadi permasalahan sang calon pelanggan. Kamu bisa, loh, membuat obervasi kecil-kecilan di lingkup circle pertemananmu.
Setelah calon pelanggan merasa kamu adalah orang yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan mereka, barulah mereka peduli denganmu. Hal ini pun bisa meningkatkan viewers engagement.
3. Formula Copywriting
![]() Formula copywriting/Foto: Pexels |
Ssst… Ada satu formula rahasia yang bisa membantumu menciptakan penulisan copy yang efektif dengan mudah. Apakah itu? Formula yang bisa membuat tulisan apapun jadi lebih menarik ini adalah AIDA―Attention, Interest, Desire, Action.
A : Attention. Tangkap perhatian audiens dengan headline, gambar dan kalimat pembuka singkat yang menarik. Dengan kata lain, buat audiensmu merasa “wah, itu aku banget!”
I : Interest. Buat audiens sadar dengan besarnya masalah mereka. Untuk memancing interest, sediakan informasi/fakta, statistik, studi kasus, kondisi ideal, dan alasan bagi audiens. Contoh: “Dengan menggunakan piyama (nama brand), kamu akan mendapatkan…”
D : Desire. Buat audiens sangat menginginkan produk jualanmu. Cara pertama, yaitu dengan menyebutkan manfaat produk (contoh: “Mengandung niacinamide untuk menyamarkan noda hitam di wajah”). Cara kedua, pancing emosi negatif audiens dan berikan solusi. Maksudnya, kamu bisa menuliskan perbandingan kondisi sebelum dan setelah menggunakan produkmu.
A : Action. Ajak audiens untuk mengambil tindakan, dengan menuliskan harga barang, cara order, kontak order, dan kata-kata seperti, “buruan”, “yuk”, “segera”.
4. Ceritakan Profil Barang
![]() Ceritakan profil rasa, tekstur, dan aroma dari produk makananmu/Foto: Pexels |
Meskipun barang dijual secara online, kamu harus mampu membuat pelangganmu bisa seperti melihat dan merasakan barang tersebut secara langsung. Ciptakan tulisan yang seperti berbicara langsung kepada orang lain dan mendeskripsikan aroma, rasa, warna, tekstur, motif, komposisi dari produk barang tersebut.
5. Buat Desain yang Menarik
![]() Contoh desain foto dari postingan akun bisnis di Instagram/Foto: Instagram/luxcrime _id |
Dalam membuat bahan posting-an foto di media sosial, kreasikanlah foto yang menarik dari segi pemilihan gambar ilustrasi, komponen gambar, dan font. Manfaatkanlah software sejenis Adobe Ilustrator di laptop/PC atau aplikasi desain di handphone seperti Canva.
6. Optimalkan Fitur Gratis pada Sosial Media
![]() Manfaatkan fitur Instagram insight untuk menganalisis audience engagement/Foto: Pinterest/ohsolovelyhelen |
Manfaatkan fitur-fitur pada media sosial yang bisa mendukung bisnismu. Jika kamu melibatkan Instagram sebagai media pemasaranmu, gunakan fitur akun bisnis, Instagram insight untuk mengetahui analisis audience engagement, serta Instagram ads dan hashtag (#) untuk mempromosikan produkmu.





