STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Jangan Minder Lagi, Ini 5 Cara untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Kamis, 15 Sep 2022 07:30 WIB
Jangan Minder Lagi, Ini 5 Cara untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Melihat orang lain yang punya rasa percaya diri yang tinggi, apalagi saat mereka berbicara di depan umum tentu membuat seseorang merasa kagum dan ingin mencontoh hal yang sama.  Tak jarang beberapa orang yang melihat hal tersebut malah merasa minder.

Melansir dari Very Well Mind, rasa percaya diri dimaknai sebagai sebuah rasa percaya atas kemampuan diri sendiri dalam mengendalikan hidup. Namun sayangnya, sebagian orang merasa hal tersebut sulit dilakukan.

Rasa tidak percaya diri merupakan masalah yang masih dialami oleh banyak orang dan menjadi sebuah tantangan tersendiri dalam keseharian. Mulai anak-anak hingga dewasa pun mengalaminya.

Padahal, rasa percaya diri yang baik dapat menjadi sebuah kelebihan tersendiri. Sebab hal ini dapat mendukungmu dalam memperoleh banyak kesempatan. Lalu, bagaimana cara membangun dan meningkatkan rasa percaya diri? Yuk, simak tipsnya yang dilansir dari Very Well Mind berikut ini!

Stop Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Stop membandingkan diri dengan orang lain
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/drobotdean

Hal utama dan penting dilakukan untuk bisa meningkatkan rasa percaya diri adalah berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Apalagi di era penggunaan media sosial yang tinggi saat ini, sikap membandingkan diri dengan orang lain yang dilihat di berbagai platform jadi semakin meningkat. Hal semacam ini jika masih terus dilakukan, tentu akan membuatmu kesulitan dalam membangun dan meningkatkan rasa percaya diri.

Kamu perlu memahami bahwa kehidupan bukanlah sebuah kompetisi dan percayalah pada kekuatan serta kesuksesanmu sendiri. Saat perasaan cemburu mengganggu fokusmu, kamu bisa belajar untuk menulis jurnal tentang hal-hal yang disyukuri dan kelebihanmu setiap harinya.

Merawat Diri

Merawat Diri
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/pvproductions

Rasa percaya diri sering kali diasosiasikan dengan masalah bentuk tubuh. Masalah tubuh hingga kesehatan kulit merupakan dua hal yang sering membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

Kepercayaan diri dapat tumbuh dari tubuh dan jiwa yang sehat. So, kamu bisa memulai dengan melakukan pola hidup sehat, seperti diet atau makan makanan yang sehat, olahraga, konsumsi air putih, hingga tidur yang cukup. Merawat diri tak hanya sekadar merawat tubuh secara fisik, namun juga menjaga kesehatan mental. Kamu bisa melakukan journaling, meditasi, hingga melakukan konseling dengan profesional kesehatan mental saat merasa stres yang tak terkendali.

Berteman dengan Lingkungan Positif

Berteman dengan lingkungan positif
Ilustrasi/Foto: Pexels.com/sharefaith

Berteman dengan lingkungan dan orang-orang yang memiliki pikiran positif juga bisa mempengaruhi rasa percaya dirimu, lho, Beauties. Orang-orang yang ada di sekelilingmu dapat berpengaruh pada cara kamu berpikir dan bersikap. Maka penting untuk kelilingi diri dengan orang-orang yang mencintaimu dan menginginkan yang hal terbaik untuk kemajuanmu. Carilah lingkungan yang positif dan dapat membantu membangun kepercayaan diri.

Belajar Self Talk

Belajar Self Talk
Ilustrasi/Foto: Pexels.com/andrepicquadio

Jika kamu kerap berbicara hal negatif kepada dirimu sendiri, hal ini mungkin menjadi salah satu penyebab rendahnya kepercayaan diri. Sebab kata-kata negatif yang sering diucapkan secara tidak langsung akan mempengaruhi alam bawah sadarmu. Meningkatkan rasa percaya diri juga dapat dilatih dengan belajar self talk atau berbicara kepada diri sendiri.

Hal ini bermanfaat untuk kamu bisa mengenali diri sendiri, seperti kelebihan dan kekurangan, serta apa yang menjadi kebutuhanmu. Self talk yang positif dan optimis terhadap diri sendiri dapat menumbuhkan rasa belas kasih diri dan membantumu dalam menghadapi dan mengatasi keraguan diri serta menghadapi tantangan baru. Tak hanya melakukan self talk, hal yang tak kalah penting juga adalah belajar untuk bersikap baik kepada diri sendiri. 

Hadapi Ketakutan

Perasaan takut merupakan hal wajar dan dialami oleh semua orang. Perasaan takut kerap membuat seseorang suka menunda-nunda. Jika perasaan tersebut tak dikendalikan dan dihadapi, justru akan menjadi penghambatmu dalam meraih banyak kesempatan dan menjadi sosok yang lebih baik. Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri adalah dengan menghadapi ketakutanmu secara langsung dan belajar mengelola rasa cemas.

Nah, itu tadi 5 cara meningkatkan rasa percaya diri. Yuk, cobain mulai dari sekarang, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE