sign up SIGN UP

Jangan Pertemukan Tipe-Tipe Kepribadian Ini dalam Sebuah Diskusi, Rawan Cekcok!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Senin, 25 Oct 2021 13:30 WIB
Jangan Pertemukan Tipe-Tipe Kepribadian Ini dalam Sebuah Diskusi, Rawan Cekcok!
caption
Jakarta -

Tipe kepribadian dalam skala MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) terbagi menjadi 16 kategori dengan sifat masing-masing. Dilansir dari Psychology Junkie, kecenderungan sifat-sifat kepribadian ini terkadang bertolak belakang satu sama lain, sehingga mereka akan sering cekcok saat melakukan komunikasi.

Cekcok saat melakukan komunikasi dapat berakibat fatal karena membuat informasi yang disampaikan menjadi terganggu. Namun, kamu tidak perlu khawatir, Beauties! Ternyata hal ini bisa dihindari dengan memperhatikan tipe kepribadian MBTI yang memiliki karakter berlawanan, berikut ini.

ENFP & ENTP berlawanan dengan INFJ & INTJ

ENFP & ENTP berlawanan dengan INFJ & INTJ
ENFP & ENTP berlawanan dengan INFJ & INTJ./ Foto: Freepik.com/cookie_studio

Tipe kepribadian ENFP (Campaigner) dan ENTP (Debater)adalah ekstrovert. Dua tipe kepribadian ini memiliki banyak ide. Jika berada dalam suatu masalah, mereka cenderung mengeksplorasi situasi untuk menemukan solusi alternatif yang bisa dicadangkan.

Sementara itu, INFJ (Advocate) dan INTJ (Architect) cenderung ingin mempersempit pilihan sehingga mereka bisa fokus dengan rencana terbaik. INFJ dan INTJ biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk memutuskan sesuatu karena mereka ingin memperkirakan dampak dan perubahan-perubahan yang bisa terjadi di masa depan.

Dalam sebuah diskusi, kedua pihak ini akan melihat satu sama lain sebagai penghambat.

ESTP & ESFP berlawanan dengan ISFJ & ISTJ

ESTP & ESFP berlawanan dengan ISFJ & ISTJ
ESTP & ESFP berlawanan dengan ISFJ & ISTJ./ Foto: Freepik.com/cookie_studio

ESTP (Entrepreneur) dan ESFP (Entertainer)memiliki jiwa petualang yang tinggi. Mereka adalah pribadi yang suka mengeksplorasi banyak hal, termasuk ketika mencari pemecahan atas sebuah masalah. Hal ini berkaitan dengan hasrat terdalam mereka yang selalu mendambakan kesempatan dan pengalaman baru.

ISFJ (Defender) dan ISTJ (Logistician)adalah kebalikan dari dua tipe kepribadian sebaliknya. Kedua tipe kepribadian ini memiliki kecenderungan untuk berefleksi tentang masa lalunya. Mereka adalah orang-orang yang selalu belajar dari pengalaman masa lampau dan mengaplikasikannya di masa kini. Mereka menyukai stabilitas sehingga tidak suka mencoba hal-hal baru, termasuk saat menemui masalah.

ESTP dan ESFP cenderung menganggap ISFJ dan ISTJ sebagai pribadi yang kolot. Sebaliknya, ISFJ dan ISTJ memandang ESTP dan ESFP sebagai orang yang ceroboh dan terlalu impulsif.

ESFJ & ENFJ berlawanan dengan ISFP & INFP

ESFJ & ENFJ berlawanan dengan ISFP & INFP
ESFJ & ENFJ berlawanan dengan ISFP & INFP./ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Orang-orang dengan tipe kepribadian ESFJ (Consul) dan ENFJ (Protagonist) biasanya memiliki kecenderungan untuk menjunjung tinggi norma atau kebiasaan yang ada di tempatnya berada. Mereka menginginkan hubungan yang harmonis dengan orang lain sehingga rela mengorbankan pemikiran dan perasaannya sendiri demi mencapai konsensus.

Tipe kepribadian ISFP (Andventurer) dan INFP (Mediator) sendiri juga merupakan orang yang penuh rasa empati dan mempertimbangkan perasaan orang lain. Namun, mereka tidak membuang hasrat pribadinya demi kepentingan bersama layaknya dua tipe kepribadian yang sebelumnya.

Mereka tidak terlalu peduli meskipun dianggap menyalahi aturan kelompok karena yang terpenting bagi mereka adalah perasaan pribadi. Kedua kelompok kepribadian ini akan sulit memahami satu sama lain. ESFJ dan ENFJ akan menganggap ISFP dan INFP sebagai perusak suasana, sebaliknya ISFP dan INFP akan memandang ESFJ dan ENFJ sebagai penjilat.

ESTJ & ENTJ berlawanan dengan ISTP & INTP

ESTJ & ENTJ berlawanan dengan ISTP & INTP
ESTJ & ENTJ berlawanan dengan ISTP & INTP./ Foto: Pexels.com/Keira Burton

ESTJ (Executive) dan ENTJ (Commander) adalah dua tipe kepribadian yang mengutamakan efisiensi dan kecepatan dalam segala hal. Mereka fokus pada fakta empiris dan menjadikannya landasan untuk mengeksekusi suatu persoalan. Mereka melakukan segala sesuatu sesuai aturan yang berlaku agar bisa segera menyelesaikan permasalahan.

Berbeda dengan kedua tipe kepribadian di atas, ISTP (Virtuoso) dan INTP (Logician) cenderung menganalisis sebuah solusi sebelum benar-benar mengimplementasikannya. Daripada segera menuntaskan suatu masalah, mereka lebih tertarik dengan cara kerja dari sebuah solusi sebelum benar-benar menerapkannya. Hal itu mereka lakukan untuk berjaga-jaga kalau ada "lubang" dalam solusi yang telah ditemukan tersebut.

Kedua kelompok kepribadian ini tidak akan cocok satu sama lain. ESTJ dan ENTJ akan menganggap ISTP dan INTP sebagai orang yang sengaja memperlambat tempo kerja tim, sedangkan ISTP dan INTP menganggap ESTJ dan ENTJ terlalu dangkal dan terburu-buru.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id