sign up SIGN UP

5 Karakteristik yang Melekat pada Kepribadian INFJ

Pavita Sevilla | Jumat, 26 Feb 2021 14:15 WIB
5 Karakteristik yang Melekat pada Kepribadian INFJ
caption

INFJ merupakan salah satu jenis kepribadian MBTI. Kepribadian INFJ disebut sebagai kepribadian yang paling langka di dunia. Penasaran seperti apa karakteristik orang-orang dengan tipe kepribadian langka ini? Untuk bisa lebih mengenal karakteristik INFJ, langsung simak di bawah ini saja, yuk!

1. Idealis

mempresentasikan gagasan/freepik.com
mempresentasikan gagasan/freepik.com

Orang-orang dengan tipe kepribadian INFJ cenderung bersifat idealis. Mereka tidak segan untuk mempertahankan opini yang mereka yakini sangat kuat serta ide-ide yang mereka miliki dan yakin bahwa itu baik. Mereka akan sangat tegas terhadap apapun itu dan tentunya akan selalu berusaha dengan sangat keras untuk membuktikan apa yang mereka yakini itu benar.

2. Memahami perasaan orang lain

Memahami perasaan orang lain/unsplash.com
Memahami perasaan orang lain/unsplash.com

Mereka sangat lemah lembut dan memahami perasaan orang lain. Misalnya, saat orang dengan tipe INFJ tidak suka dengan seseorang, mereka tidak akan menyatakan langsung bahwa mereka tidak suka, baik kepada orang yang tidak disukai tersebut ataupun ke orang lain. Mereka akan memendam perasaannya sendiri apabila hal tersebut berpotensi melukai perasaan orang lain.

Uniknya, walaupun karakter INFJ adalah idealis yang sangat tegas dan keras, namun mereka tetap berpikir perasaan orang adalah urutan nomor satu. Sehingga, mereka akan tetap mengungkapkan apa yang mereka yakini benar, tetapi dengan bahasa yang halus dan cara bicara yang hangat.

3. Terlihat seperti ekstrovert

Bergaul dengan banyak orang/freepik.com
Bergaul dengan banyak orang/freepik.com

Meskipun seseorang dengan kepribadian INFJ adalah introvert, tapi tidak jarang juga mereka terlihat seperti ekstrovert. Ini disebabkan karena mereka sering terlihat terlibat dalam kegiatan sosial yang menyebabkan akan berkerumunnya orang-orang. Bukan tanpa alasan, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mereka selalu bicara dengan bahasa yang halus serta dengan cara yang hangat.

Selain itu, mereka juga senang untuk mencoba memahami perasaan orang lain. Sehingga, mereka akan mudah terlibat dalam kegiatan sosial tersebut. Walaupun sering terlibat dalam kegiatan sosial, namun layaknya introvert pada umumnya, mereka tetap lebih menyukai waktu sendiri untuk mengembalikan energinya.

4. Seorang pendiam

Orang yang sedang menyendiri/unsplash.com
Orang yang sedang menyendiri/unsplash.com

INFJ dikenal sebagai orang yang sangat pendiam. Masih berhubungan dengan poin nomor 2, karena karakternya yang sering ingin memahami orang lain, sehingga mereka lebih sering memilih untuk diam daripada bisa berujung ketidaksengajaan menyakiti perasaan orang lain. Mereka juga menilai dunia luar dengan penilaian mereka sendiri melalui apa yang terlihat dan yang dirasakan.

5. Perencana yang hebat

konsep berpikir/freepik.com
konsep berpikir/freepik.com

INFJ merupakan pembuat rencana yang hebat. Mereka selalu memiliki segudang ide atau konsep serta rencana yang hebat untuk dilakukan. Namun, sayangnya membutuhkan waktu yang lama untuk mengeksekusi ide atau rencana mereka. Penyebab terhambatnya pelaksanaan rencana itu sendiri sering berasal dari faktor dalam diri mereka, seperti malas misalnya. Tetapi, jika sudah dilakukan, mereka akan mengerjakan dengan sebaik mungkin tanpa mengenal lelah dan menuntaskannya dengan sempurna.

Itu dia beberapa karakteristik dari INFJ. Menarik bukan? Apakah kamu salah satunya?

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id