sign up SIGN UP

Jangan Terjebak, Ini 5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Oleh Orang Cerdas! Cek, Termasuk Kamu?

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Jumat, 08 Apr 2022 22:00 WIB
Jangan Terjebak, Ini 5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Oleh Orang Cerdas! Cek, Termasuk Kamu?
caption
Jakarta -

Beauties, apa yang terlintas dalam benakmu saat mendengar kalimat 'orang cerdas'? Pasti pandangan yang muncul pertama kali adalah gambaran tentang orang-orang yang perfeksionis, detail, teliti, dan tidak mungkin membuat kesalahan.

Tapi, orang cerdas juga manusia. Mereka pasti pernah membuat kesalahan, sadar maupun tidak sadar. Namun kira-kira, kesalahan seperti apa, sih, yang sering dilakukan oleh orang cerdas?

Melansir dari  Forbes, berikut ini 5 kesalahan yang biasa dilakukan oleh orang-orang cerdas. Yuk, cari tahu!

Terlalu Mudah Percaya

Orang cerdas seringkali terjebak dalam perilaku manipulatif karena terlalu naif
Orang Sedang Bercakap/foto: pexels.com/tirachard-kumtanom

Orang cerdas terlalu mudah percaya dengan sesuatu atau seseorang yang terlihat “too good to be true” atau terlalu bagus. Iming-iming bisnis yang menjanjikan, atau ucapan persuasif akan sangat menarik di mata orang-orang cerdas dan mereka akan dengan mudahnya percaya.

Orang cerdas yang berhadapan dengan orang cerdas lain yang bersikap manipulatif akan mudah terbujuk oleh kalimat-kalimatnya. Selain itu, orang cerdas bersikap terlalu naif sehingga menganggap bahwa dirinya tidak mudah untuk ditipu.

Melakukan Hal yang Sama Berulang Kali

Mengharapkan hasil yang berbeda dari hasil yang sama adalah langkah yang keliru
Ilustrasi Berusaha/foto: pexels.com/andrea-piacquadio

Adalah sebuah kegilaan bila melakukan hal yang sama berulang kali dan mengharapkan hasil yang berbeda, begitulah ungkapan yang disampaikan oleh Albert Einsten. Faktanya, orang cerdas akan menganggap melakukan hal yang sama berulang kali akan menjadi sebuah jembatan kesuksesan dan rintangan yang menghadang adalah kerikil kecil yang mengganggu perjalanan. Padahal, jika ingin mendapat hasil yang berbeda, maka perlu untuk melakukan cara yang berbeda pula dibanding dengan cara yang sebelumnya

Mencoba Menjadi Orang Lain

Berusaha menjadi orang lain adalah kesalahan yang sering dilakukan orang cerdas
Perempuan sedang Tersenyum/foto: pexels.com/jopwell

Menjadi sosok idaman adalah hal yang sering dilakukan oleh orang-orang cerdas. Mereka menganggap bahwa diri mereka akan lebih banyak disukai dan diterima apabila menampilkan sosok sempurna yang menjadi idaman banyak orang. Tidak jarang, mereka akan menutupi kekurangan-kekurangan dengan berbagai macam kebohongan.

Mencoba Menyenangkan Semua Orang

Berusaha menyenangkan semua orang adalah hal yang keliru
Dua Perempuan Sedang Bersama/foto: pexels.com/christina-morillo

Senada dengan hal di atas, tujuan orang-orang cerdas menjadi orang lain agar bisa menyenangkan semua orang. Tampil sebagai sosok yang menyenangkan, selalu membantu dan bisa diandalkan adalah sosok sempurna yang diidamkan oleh semua orang. Orang cerdas akan melakukan hal tersebut agar terlihat disukai dan membuat senang banyak orang

Berusaha Mengubah Seseorang

Berusaha mengubah seseorang adalah sebuah upaya agar merasa diakui
Ilustrasi sedang Mengajari Seseorang/foto: pexels.com/mentatdgt

Mengubah seseorang ibarat memindahkan gunung, hal tersebut sangat tidak mungkin untuk dilakukan. Seseorang hanya akan berubah apabila dirinya sendiri ingin berubah. Fakta tersebut lah yang seringkali luput dari orang cerdas. Orang cerdas akan memilih orang-orang yang dianggap “bermasalah” dan mencoba memperbaiki dengan harapan agar bisa menjadi hebat dan sukses seperti mereka.

Nah, Beauties, 5 hal di atas adalah contoh kesalahan yang sering dilakukan oleh orang cerdas. Faktanya, siapapun bisa melakukan kesalahan, termasuk orang-orang cerdas. Namun yang terpenting adalah, berusaha untuk memperbaiki kesalahan dan menerima masukan adalah langkah tepat yang bisa kamu ambil. Be smart and wise, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id