STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Jangan Terlewat, Ini 5 Amalan di 10 Hari Terakhir Ramadan yang Wajib Beauties Tingkatkan

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Jumat, 22 Apr 2022 22:00 WIB
Jangan Terlewat, Ini 5 Amalan di 10 Hari Terakhir Ramadan yang Wajib Beauties Tingkatkan

Tidak terasa, bulan Ramadan tahun ini sudah memasuki fase 10 hari terakhir, nih, Beauties. Ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan di 10 hari terakhir Ramadan ini. Salah satu hadis yang terkait dengan keutamaan 10 hari terakhir Ramadan ini yaitu: 

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa ketika memasuki 10 Ramadhan terakhir, beliau bersungguh-sungguh dalam ibadah (dengan meninggalkan istri-istrinya), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.” Muttafaqun ‘alaih. (HR. Bukhari no. 2024 dan Muslim no. 1174).

Dari hadis ini bisa diketahui bahwa Rasulullah sendiri telah mencontohkan ketaatan dan kesungguhan dalam beribadah. Untuk itu, dalam proses beribadah di 10 hari terakhir Ramadan, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan. Simak selengkapnya di bawah ini.

I’tikaf

Ilustrasi i'tikaf/ Foto: Freepik.com/eakkachaihalang
Ilustrasi i'tikaf/ Foto: Freepik.com/eakkachaihalang

I’tikaf merupakan kegiatan berdiam diri di masjid dengan tujuan semata-mata beribadah kepada Allah SWT. Melakukan i’tikaf di 10 hari terakhir Ramadan memang memiliki keutamaan.

Selain pelaksanaannya di bulan suci Rmadan, 10 hari terakhir Ramadan juga menjadi rentang waktu dimana terdapat malam Lailatul Qadar yaitu malam yang lebih baik dari 1.000 bulan. Ada banyak ibadah yang bisa dilakukan untuk mengisi kegiatan i’tikaf. Mulai dari melaksanakan salat fardu, salat sunnah, membaca Al-Qur’an, berdzikir dan lainnya.

Memperbanyak Sedekah

Ilustrasi sedekah/ Foto: Freepik.com/auxin
Ilustrasi sedekah/ Foto: Freepik.com/auxin

Amalan selanjutnya yang bisa dilakukan dan ditingkatkan adalah sedekah, terlebih lagi di 10 hari terakhir Ramadan. Sedekah sendiri merupakan sesuatu hal yang sangat mulia untuk dilakukan. Namun hal yang perlu digarisbawahi adalah bahwa sedekah yang dilakukan haruslah benar-benar ikhlas dan semata-mata mencari keridhaan Allah SWT.

Sedekah yang diberikan bisa dalam bentuk apa saja, yang pastinya bisa memberikan manfaat bagi yang menerimanya. Salah satu hadis yang berkaitan dengan sedekah yaitu, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api”. (HR. At-Tirmidzi).

Tilawah Al-Qur’an

Ilustrasi membaca alquran/ Foto: Freepik.com/odua
Ilustrasi membaca alquran/ Foto: Freepik.com/odua

Melakukan tilawah Al-Qur’an di 10 hari terakhir Ramadan juga bisa menjadi salah satu amalan yang sangat besar pahalanya. Sebagaimana diketahui, bulan Ramadan adalah bulan di mana pahala dilipat gandakan.

Al-Qur’an sendiri merupakan pedoman hidup dan petunjuk yang begitu bermakna. Selain itu, Ramadan juga identik dengan bulan Al-Qur’an. Tidak hanya sebatas membaca tetapi juga bisa mempelajarinya secara lebih mendalam.

Memperpanjang Ibadah Malam

Ilustrasi ibadah malam/ Foto: Freepik.com/jaynothing
Ilustrasi ibadah malam/ Foto: Freepik.com/jaynothing

Menghidupkan malam-malam di 10 hari terakhir Ramadan merupakan salah satu hal yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya membiasakan diri untuk salat, berdzikir dan melaksanakan ibadah lainnya hingga fajar tiba. Hal ini tentunya menjadi contoh untuk melakukan ibadah yang sama dengan yang dilakukan Rasulullah SAW dan para sahabatnya.

Selain itu, ibadah malam memang sangat dianjurkan dan punya keutamaan tersendiri. Hal ini semakin diperjelas dengan dalil dalam Q.S As-Sajdah ayat 16 yang artinya, “Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan penuh harap, dan mereka menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka”.

Berbuat Baik pada Tetangga

Ilustrasi berbincang/ Foto: Freepik.com/odua
Ilustrasi berbincang/ Foto: Freepik.com/odua

Pada dasarnya, melakukan perbuatan baik pada tetangga tidak hanya dilakukan pada Ramadan saja. Namun, meningkatkan perbuatan baik di 10 hari terakhir Ramadan ini bisa mendatangkan banyak manfaat karena pahala akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Ada banyak cara untuk melakukan perbuatan baik, baik itu lewat berbagi ataupun yang lainnya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE