STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Jangan Terlewat, Ini 5 Hal Kecil yang Harus Diperhatikan untuk Jadi Perempuan Karier Sukses!

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Minggu, 22 Jan 2023 17:00 WIB
Jangan Terlewat, Ini 5 Hal Kecil yang Harus Diperhatikan untuk Jadi Perempuan Karier Sukses!

Menjadi seorang perempuan karier sukses bukan hal yang mudah dicapai. Banyak tantangan yang harus dihadapi di dunia kerja, mulai dari glass ceiling, diskriminasi gender, hingga pelecehan seksual yang membuat banyak perempuan memilih menyerah mengejar mimpinya.

Hal ini terbukti dari penelitian McKinsey, dilansir dari Cloudely, bahwa hanya 38 persen posisi manajerial dalam perusahaan yang dipegang perempuan. Sisanya, sebanyak 62 persen, masih didominasi oleh pria. Ditambah lagi, menurut data yang sama, 1 dari 4 perempuan diketahui meninggalkan karier selama pandemi Covid-19 berlangsung sejak tahun 2020.

Meski demikian, menjadi sosok yang sukses dalam karier bukan hal yang mustahil. Agar dapat mewujudkan mimpi, seorang perempuan harus memiliki strategi untuk mendukungnya menaklukkan dunia kerja. Berikut hal kecil yang harus diperhatikan untuk bisa jadi perempuan karier sukses, dirangkum dari laman Cloudely. Yuk, simak!

1. Terus Update Resume

Kiat mencari pekerjaan di masa pandemiIlustrasi/Foto: freepik.com/drbotdean

Hal vital pertama yang harus kamu lakukan sepanjang waktu terus memperbarui resume. Riwayat kerja bukan sekedar syarat melamar kerja, namun juga bisa menjadi kekuatan untuk menunjukkan dirimu.

Perusahaan akan melihat resume calon pegawai untuk melihat seberapa besar potensi orang tersebut. Karenanya, kamu harus menuliskan semua pengalaman, keterampilan, data diri, dan semua hal yang menunjukkan bahwa kamu benar-benar memiliki kapasitas.

Bahkan jika kamu tidak sedang melamar pekerjaan, kamu bisa menampilkan curriculum vitae, pada akun LinkedIn, blog pribadi, atau tempat lain yang relevan. Semakin banyak profilmu dilihat, maka semakin besar kesempatanmu. Tapi hindari mempublikasihan informasi yang sifatnya pribadi dan sensitif, ya!

2. Jangan Abaikan Relasi

EQ dapat memengaruhi cara berinteraksi dengan rekan kerjaIlustrasi/Foto: Freepik/ Senivpetro

Menjaga hubungan baik dengan banyak orang adalah kunci meraih kesuksesan. Sebagai makhluk sosial, kamu akan membutuhkan bantuan orang lain untuk mengatasi hal-hal di luar jangkauan dan kemampuanmu.

Networking tak selalu diperoleh dengan nongkrong atau ke luar rumah (walaupun itu dianggap paling efektif untuk mengenal orang). Faktanya, di dunia yang serba digital ini, bahkan tetap bisa ngobrol dengan orang lain melalui berbagai cara, misalnya media sosial, seminar online, dan lain-lain.

Bahkan ketika kamu sudah berada di puncak kesuksesan, jangan pernah melupakan orang-orang yang telah ada untukmu. Bukan hanya meminta bantuan, kamu juga harus ikut membantu para perempuan lain untuk mengejar karir.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE