sign up SIGN UP

Jarang Disadari, 5 Hal yang Dianggap Sepele Ini Bisa Membuatmu Kehilangan Si Dia, Lho! Apa Saja?

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Minggu, 26 Dec 2021 23:00 WIB
Jarang Disadari, 5 Hal yang Dianggap Sepele Ini Bisa Membuatmu Kehilangan Si Dia, Lho! Apa Saja?
caption
Jakarta -

Menjalin hubungan memang tidak selalu mudah. Terlepas dari sekeras apapun usahamu mendapatkan si dia, ada tantangan lain yang tak kalah berat, yaitu mempertahankan. Banyak orang melakukan kesalahan sepele yang pada akhirnya memberikan dampak besar untuk hubungan.

Parahnya, hal-hal tersebut seringkali dilakukan tanpa sadar secara terus-menerus dan dianggap sepele. Kamu tak pernah memahami bahwa perilaku tersebut bisa menjadi bom waktu yang mengancam hubungan. Karenanya, sebelum terlambat, yuk ketahui hal-hal sepele yang bisa membuatmu kehilangan si dia!

1. Tidak Mau Mendengarkan Sampai Akhir

Kesalahan dalam Hubungan/Foto: Pexels.com/Vera Arsic
Kesalahan dalam Hubungan/Foto: Pexels.com/Vera Arsic

Saat hati sedang sedih, mencurahkan isi hati pada pasangan mungkin bisa melegakan. Masalahnya, banyak orang ingin didengar namun tak mampu mendengarkan. Coba tanyakan pada diri sendiri, apakah kamu sudah cukup meluangkan waktu dan kesabaran untuk mendengar? Jika belum, sebaiknya kamu mulai introspeksi diri.

Jika kamu tak bisa menjadi pendengar yang baik untuk si dia, maka dia akan segan mengungkapkan segala permasalahan kepadamu. Pada akhirnya dia akan memilih menceritakan segala masalah dan keresahan pada orang lain, yang mungkin tidak cukup kompeten untuk memberikan solusi.

Karenanya, agar dia merasa nyaman dan percaya padamu, dengarkanlah kata-katanya hingga akhir. Jika kamu masih ingin berada di sampingnya, maka semarah apapun jangan pernah mengatakan hal-hal semacam, "tak ada lagi yang perlu dijelaskan". Ingatlah setiap orang punya masalah, sudut pandang, watak, dan pergulatan batinnya masing-masing. Kamu takkan pernah memahaminya jika tak berusaha mendengarkan.

2. Terlalu Peduli dengan Apa Kata Orang

Kesalahan dalam Hubungan/Foto: Pexels.com/Liza Summer
Kesalahan dalam Hubungan/Foto: Pexels.com/Liza Summer

Hal sepele lainnya yang sangat merusak hubungan adalah ketika kamu lebih mendengarkan orang lain ketimbang pasangan. Umumnya hal ini terjadi ketika kamu terlalu mementingkan image, perasaan orang, pandangan orang, dan lain-lain. Dengan demikian, kamu cenderung memaksa diri dan pasangan untuk berubah sesuai standar mereka.

Selain itu, hal ini juga bisa terjadi ketika salah satu pihak tidak merasa nyaman dan percaya pada pasangannya. Alhasil, dia akan memilih mencurahkan isi hati pada orang lain. Karenanya, sebelum masalah yang lebih besar muncul, dengarkanlah pasanganmu. Jangan biarkan si dia atau dirimu lebih percaya orang lain ketimbang belahan jiwanya sendiri.

3. Lupa Mengucapkan Maaf dan Terima Kasih

Foto: Pasangan Cuek dan Kurang Perhatian Jangan Hanya Didiamin. Inilah Kiat Jitu Menghadapi Sifat Dingin Doi!/freepik.com/gpointstudioIlustrasi pasangan/Foto: Freepik.com/gpointstudio

Walaupun sepele, dua kalimat di atas memberikan dampak besar pada hubungan. Ucapan maaf dan terima kasih akan membuatnya merasa dihargai sehingga dia juga akan memberikan penghormatan dan penghargaan yang lebih untukmu. Hal ini juga perlu kamu terapkan tidak hanya dalam hubungan asmara, namun juga dalam hubungan pertemanan, kolega, dan keluarga.

4. Membandingkan dengan yang Lain

Kesalahan dalam Hubungan/Foto: Pexels.com/Liza Summer
Kesalahan dalam Hubungan/Foto: Pexels.com/Liza Summer

Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, setiap orang memiliki masalah, sudut pandang, watak, dan pergulatan batinnya masing-masing. Tidak ada satupun orang yang sama, dan tak ada yang suka dibandingkan dengan orang lain.

Karenanya, saat berusaha mengingatkan pasangan atas kesalahannya, jangan pernah gunakan orang lain sebagai referensi. Walaupun saat ini dia belum sesuai harapan, kamu mungkin tidak pernah tahu seberapa besar usahanya untuk membahagiakanmu.

5. Tidak Menanyakan Kabar

Kesalahan dalam Hubungan/Foto: Pexels.com/MART PRODUCTION
Kesalahan dalam Hubungan/Foto: Pexels.com/MART PRODUCTION

Sekedar pertanyaan, "sedang apa?" ternyata bisa memberikan pengaruh besar. Si dia mungkin sedang melalui hari yang berat dan membutuhkan dukungan pasangan. Dengan menanyakan kabar, mungkin kamu bisa membantunya bangkit kembali karena perasaan dihargai dan dianggap ada. Karenanya, jangan pernah abaikan komunikasi ya!

Itulah 5 hal yang perlu kamu hindari agar hubunganmu dengan pasangan tidak mudah goyah. Jika selama ini kamu melakukan hal-hal terlarang di atas, segera perbaiki diri. Jangan sampai hal-hal sepele di atas merusak kebahagiaanmu dengan pasangan, ya!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id