STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Kamu Seorang Guru? Coba Tonton 4 Film Ini untuk Menginspirasi Pandanganmu terhadap Proses Pembelajaran

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Minggu, 13 Nov 2022 10:00 WIB
Kamu Seorang Guru? Coba Tonton 4 Film Ini untuk Menginspirasi Pandanganmu terhadap Proses Pembelajaran

Menjadi guru adalah pekerjaan yang mulia. Beberapa dari kamu mungkin memutuskan menjadi guru karena panggilan jiwa dan berharap bisa mendidik murid agar selamat dan bahagia.

Menjadi guru juga dituntut untuk bisa fleksibel dan inovatif. Mengingat murid saat ini memiliki latar belakang tersendiri yaitu saat mereka adalah generasi yang sudah familier dengan teknologi.

Jika kamu seorang guru yang jenuh dengan proses pembelajaran, berharap mendapatkan pandangan baru dalam menyelenggarakan proses pembelajaran, maka kamu bisa tonton deretan film berikut ini.

Taare Zameen Par (2007)

Taare Zameen Par
Taare Zameen Par/ Foto: pinterest.com/xkamilx

Film pertama yang mungkin bisa mengubah pandanganmu dalam mengajar adalah film india berjudul Taare Zameen Par. Meski cukup jadul, film yang rilis di tahun 2007 ini bisa membuatmu meresapi makna yang terkandung dalam alur ceritanya. 

Berkisah tentang seorang anak bernama Ishaan yang dikirim ke sebuah sekolah asrama karena memiliki nilai akademik yang buruk. Beruntung Ishaan bertemu dengan Ram Shankar Nikumbh yang bisa menemukan hambatan muridnya yang spesial tersebut. Mengalami disleksia, Ishaan ternyata memiliki bakat yang luar biasa dalam melukis.

Dibintangi dan disutradarai oleh Aamir Khan, film ini mengajarkan kita bahwa setiap anak adalah spesial. Tugas kita sebagai guru memberikan akomodasi yang terbaik bagi murid yang tentunya dibarengi dengan kasih sayang.

School of Rock (2003)

School of Rock
School of Rock/ Foto: pinterest.com/BuzzFeed

Film yang satu ini, meski bergenre komedi tetap bisa memberikan pembelajaran mengenai pengelolaan kelas yang cukup kreatif. Film ini menceritakan kisah Dewey Finn yang menyamar menjadi guru namun memiliki kapasitas bermusik yang luar biasa.

Meski demikian, Dewey ternyata pintar menggali potensi murid-muridnya dalam bidang musik yang sebelumnya kurang mendapat apresiasi. Pada akhirnya, Dewey berhasil membentuk band yang terdiri dari murid-muridnya yang memiliki bakat bermusik.

Dari film tersebut, kita bisa ambil sisi positif dari seorang Dewey Finn yang merepresentasikan guru yang sukses menerapkan pembelajaran yang berpusat pada murid dan konsep merdeka belajar. Serta representasi seorang guru yang bisa memotivasi murid agar lebih percaya pada kemampuan diri.

Freedom Writers (2007)

Freedom Writers
Freedom Writers/ Foto: pinterest.com/IMDb

Diambil dari kisah nyata, film Freedom Writers menyiratkan pendidikan dengan konsep diferensiasi. Diceritakan seorang guru bernama Erin Gruwell yang datang ke SMA Woodrow Wilson sebagai guru baru untuk mata pelajaran bahasa dan sastra.

Baru pertama kali mengajar, Erin harus menghadapi murid-murid SMA yang berasal dari beragam latar belakang ras yang menjadikan terciptanya ketegangan hingga terjadi banyak sekali pertikaian antar murid yang berbeda ras.

Mau tak mau Erin harus memutar otak untuk mendapatkan strategi mengajar terbaik agar tidak ada lagi konflik antar murid. Seperti apa strategi yang digunakan? Jika kamu penasaran, kamu bisa tonton film yang dibintangi Hilary Swank ini ya, Beauties.

3 Idiots (2009)

3 Idiots
3 Idiots/ Foto: pinterest.com/TopTenz.net

Berlatar belakang di dunia perkuliahan, film 3 Idiots menggambarkan keberanian mahasiswa dalam menyampaikan sindiran terhadap lembaga pendidikan. Dalam film tersebut ada mahasiswa bernama Rancho yang memiliki passion di bidang sains dan mesin. Rancho yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata mencoba memberikan pengalaman belajar yang tidak biasa. 

Poin pentingnya, Rancho mencoba memberikan pesan bahwa tujuan pembelajaran tidak hanya sekadar nilai akademik maupun kompetisi untuk saling unggul. Pembelajaran yang sebenarnya adalah bagaimana caranya agar seseorang bisa memberikan manfaat dalam kehidupan dan pentingnya tidak mengesampingkan minat dan bakat yang dimiliki diri-sendiri.

Dikemas dengan komedi yang mengocok perut, film ini sangat recommended untuk ditonton. Tak heran film yang lagi-lagi dibintangi oleh Aamir Khan ini mendapatkan rating yang tinggi.

Nah Beauties, itu tadi beberapa deretan film yang mungkin akan mengubah pandanganmu akan proses pembelajaran. Semoga menginspirasi ya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.