STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Kamu Sudah Tahu? Cuma di Negara Ini, Lagu Kebangsaan Tidak Ada Lirik Sama Sekali Lho!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Jumat, 09 Sep 2022 10:30 WIB
Kamu Sudah Tahu? Cuma di Negara Ini, Lagu Kebangsaan Tidak Ada Lirik Sama Sekali Lho!

Lagu kebangsaan merupakan sebuah lagu atau himne yang mengekspresikan semangat nasionalisme dan patriotisme dan diakui menjadi simbol nasional resmi suatu negara. Lagu kebangsaan di beberapa negara dunia memiliki keunikan dan sejarahnya masing-masing.

Salah satu yang menarik perhatian adalah lagu kebangsaan negara Spanyol yang hanya berupa melodi tanpa lirik. Jadi, saat lagu kebangsaan itu berkumandang, para pendengar akan berdiri dan mendengarkan dalam diam atau bersenandung mengikuti irama.

Mengapa lagu kebangsaan Spanyol tidak memiliki lirik?

Asal-usul Lagu Kebangsaan Spanyol

lagu kebangsaan spanyol
Sejarah lagu kebangsaan negara Spanyol/Foto: Freepik.com/wirestock

“Marcha Real”, atau dalam bahasa Inggris “Royal March”, adalah lagu kebangsaan negara Spanyol. “Marcha Real” merupakan satu dari empat lagu kebangsaan di dunia, diikuti oleh Bosnia, Herzegovina, San Marino, dan Kosovo, yang tidak memiliki lirik resmi.

Mengutip dari Classics FM, “Marcha Real”, yang sempat berganti nama menjadi “Marcha de Granaderos”, termasuk dalam lagu kebangsaan tertua di dunia yang berasal dari abad ke-18. Lagu ini ditulis oleh Manuel de Espinosa de los Monteros pada tahun 1761. Awalnya, ini adalah lagu pawai militer untuk Infanteri Spanyol yang dimainkan dengan terompet atau fife.

Zaman dahulu, sempat berembus mitos bahwa lagu tersebut ditulis oleh Frederick II dari Prusia, hingga menimbulkan kesalahpahaman bagi banyak orang.

Akhirnya pada tahun 1770-an, Raja Spanyol Charles III mendeklarasikan “Marcha de Granaderos” sebagai pawai kehormatan resmi Spanyol dan kemudian menjadi lagu kebangsaan negara itu.

Upaya Penambahan Lirik Lagu

Sheet Music, vintage, close upIlustrasi Musik/ Foto: Getty Images/iStockphoto/CJ_Romas

Pada tahun 1870, pemerintahan Spanyol pernah mengadakan kompetisi nasional untuk membuat lagu kebangsaan resmi baru. Tetapi, akhirnya kontes dihentikan karena pilihannya kembali lagi ke lagu “Marcha de Granaderos”.

Selanjutnya, pada tahun 2008, Komite Olimpiade Spanyol mencoba untuk menemukan lirik resmi lagu kebangsaan. Namun, tak satu pun dari lirik yang disarankan telah disetujui secara resmi oleh pemerintah Spanyol.

Pernah Memiliki Lirik, Namun Dihapus

lagu kebangsaan spanyollagu kebangsaan spanyol/ Foto: Freepik.com/waye

Meski pun lagu kebangsaan “Marcha Real” tak memiliki lirik resmi, pada masa lalu ada dua versi lirik yang ditulis untuk mengiringi melodinya. Satu versi digunakan pada masa pemerintahan Raja Alfonso XIII dan versi lainnya digunakan selama era kepemimpinan Jenderal Francisco Franco, yang liriknya ditulis oleh penyair José María Pemán pada tahun 1928.

Namun, tak satupun dari kedua lirik itu diakui secara resmi. Akhirnya, sejak tahun 1978, pemerintah Spanyol memutuskan untuk menggunakan lagu kebangsaan tanpa susunan lirik dan hanya berupa lantunan musik saja.

Versi Resmi “Marcha Real” Saat Ini

Menurut Keputusan Kerajaan Spanyol 1560/1997, versi resmi “Marcha Real” saat ini adalah frasa panjang 16-bar tanpa kata yang dibagi menjadi dua bagian dengan bentuk AABB, kunci B-flat mayor, tempo 76 bpm (♩=76), dan durasi 52 detik.

Lagu ini menampilkan tiga aransemen resmi—untuk orkestra, band militer, dan organ. Selain itu, ada enam adaptasi resmi dari lagu kebangsaan yang bervariasi menurut panjang dan aransemennya. Semua versi direkam oleh Spanish National Orchestra dan Spanish Royal Guard Band sebagai rekaman resmi dan dirilis dalam bentuk compact disc (CD) secara terbatas.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE