sign up SIGN UP

Kamus Investasi: Mengenal 5 Istilah Penting dalam Menabung Saham

Fina Prichilia | Beautynesia
Kamis, 09 Sep 2021 17:00 WIB
Kamus Investasi: Mengenal 5 Istilah Penting dalam Menabung Saham
caption
Jakarta -

Menabung saham jadi salah satu pilihan untuk menyimpan uang, terlebih agar tidak tergerus inflasi, Beauties.

Saat ini, saham nggak cuma milik mereka yang harus tajir dulu, lho! Kamu yang baru kerja juga bisa menabung saham!

Namun sebelum terjun menginvestasikan uangmu, penting untuk diingat alangkah baiknya untuk menginvestasikan diri dengan ilmu dan pengetahuan yang mumpuni dulu tentang saham itu sendiri, Beauties.

Caranya, kamu bisa pelajari lewat buku, mengikuti webinar yang diselenggarakan perusahaan sekuritas, mengikuti akun-akun terpercaya di media sosial yang sering mengulas saham, dan sebagainya.

Mungkin kamu sudah familier dengan istilah saham dan cuan ya, Beauties. Selanjutnya kamu juga perlu tahu beberapa arti dari istilah-istilah lainnya, pasalnya kamu akan menemuinya lebih sering nanti, ketika sudah terjun. Apa saja ya?

Seperti dirangkum dari Indonesia Stock Exchange (IDX) berikut uraiannya:

Woman looking stock market Data on smart phoneIlustrasi menabung saham/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Orientfootage

Right Issue

Atau penawaran umum terbatas. Yakni berupa hak yang diberikan kepada pemegang saham lama untuk terlebih dulu membeli saham yang baru dikeluarkan, dengan tujuan agar pemegang saham lama, diberi kesempatan untuk pertahankan persentase kepemilikannya dalam suatu perusahaan.

Buy Back

Pembelian kembali saham-saham yang telah beredar di publik oleh perusahaan tercatat/perusahaan yang menerbitkan saham tersebut.

Stock Split

Atau pemecahan saham. Yakni pemecahan nilai nominal saham sehingga menjadi lebih kecil. Pemecahan saham berimplikasi pemecahan harga saham sesuai dengan rasio split.

Jumlah saham beredar akan meningkat sesuai dengan rasio split.

Ilustrasi saham/pexels.comIlustrasi saham/pexels.com

Waran

Efek yang diterbitkan suatu perusahaan yang memberi hak kepada pemegang efek, untuk memberi hak kepadanya dalam memesan saham dari perusahaan tersebut pada harga dan jangka waktu tertentu.

Saham Bonus

Saham yang diberikan secara cuma-cuma oleh perusahaan tercatat kepada pemegang saham, yang merupakan kapitalisasi dari Agio Saham.

Agio saham itu sendiri adalah total kekayaan bersih yang dimiliki perusahaan. Total atau nilai tersebut merupakan hasil dari penjualan harga saham di atas nilai nominalnya.


Our Sister Site

mommyasia.id